PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Ambarwati Ritonga Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Erlia Utami Panjaitan Universitas AL Washliyah Labuhanbatu
  • Syahraini Ritonga Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Witma Novita Atnur Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Rahmi Syafriyeti Universitas Al Washliyah Labuhanbatu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 2 Rantau Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasy eksperimental dengan desain pretest-posttest. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Rantau Utara yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 142 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 71 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen XI MIA 4 dan kelas kontrol XI MIA 3. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik adalah dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada sistem gerak. Hal tersebut didasarkan pada hasil posttest melalui uji-t dengan nilai thitung = 0,879 dan ttabel, = 0,05, sehingga Ha dapat diterima karena nilai thitung > ttabel. Berdasarkan hasil posstest melalui uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 2 Rantau Utara.


Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, M. T. (2016) Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Prenada Media.

Dewi, E. H. P., Akbari, S. and Nugroho, A. A. (2019) ‘Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada materi pencemaran lingkungan siswa kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono’, Journal of Biology Learning, 1(1).

Handayani, N. S. (2017) ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Manusia Dan Lingkungan (Penelitian Tindakan Kelas di kelas V SDN 184 Buah Batu Kota Bandung)’. FKIP Unpas.

Ilmi, Muha l mmald dan Lal l giono, (2019). “Penera l paln Model Pembelaljalraln Problem Ba l sed Lealrning Terha l dalp Ha l sil Belaljalr Kognitif da l n Berpikir Kritis Siswal Kelals X MIAl SMAlN 2 Kalndalnga l n pa l dal Konsep Ekosistem”. 5(2). 39-51

Purwalnto, (2014). Eva l lua l si Halsil Belaljalr. Yogya l kalrtal: Pustalkal Pelaljalr
Published
2023-03-06