DAMPAK COVID-19 TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN

  • wita ferwati Dosen Universitas Al washliyah Labuhanbatu
  • Basyarul Ulya Dosen Universitas Al washliyah Labuhanbatu
Keywords: Covid-19, Proses pembelajaran

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang terinfeksi Virus Covid-19 sehingga menimbulkan masalah-masalah dalam lingkungan masyarakat dan segala aspek kehidupan salah satu nya pada dunia pendidikan oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Penelitian yang dilakukan melalui studi literature. Metode ini mengumpulkan, membaca, mencatatat beberapa pustaka dari jurnal, dokumen dari beberapa media cetak dan elektronik yang berkaitan dengan pengajaran disekolah selama masa Pandemi. Kesimpulan yang diperoleh yakni kegiatan belajar mengajar di beberapa sekolah di Indonesia, sebagian besar dapat berjalan dengan baik. Namun demikian, masih terdapat kekurangan karena adanya kendala-kendala yaitu ada keterbatasan kemampuan dalam penguasaan teknologi informasi oleh guru dan siswa, sarana dan prasarana yang kurang memadai, akses internet terbatas, kurangnya kemauan untuk menganggarkan. Solusi yang dapat dilakukan bisa berupa solusi langsung dan tak langsung. Solusi langsung diberikan oleh pihak sekolah, sedangkan solusi tak langsung adalah berupa kebijakan pemerintah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225. https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i2.3572
Junaidi, D. faizal salista. (2020). 600-Article Text-4841-1-10-20210614.pdf. Retrieved from https://jurnal.bppk.kemenkeu.go.id/snkn/article/view/600
Klungkung, D. I. K. (2015). Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi. 01(3), 1–12.
Subarkah, M. A., & Salim, A. (2021). “Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Tengah Pandemi Covid-19”. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4184
Sutia, C., & Sagita, S. (2020). Tanggapan Siswa , Orang Tua dan Guru terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 Students , Parents and Teachers ’ Responses to Distance Learning During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Inspirasi, 19(2), 156–165.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Tambunan, W., Tampubolon, H., & Sinaga, D. (2021). Pengaruh Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Daring di Yayasan Pendidikan Cawan Bethel. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 3(1), 561–566. https://doi.org/10.33541/cs.v3i1.2927
Wahyuni, A., Bayti, C. S., Purnama, A. R., & Wahyundari, L. (2021). Dampak Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Biogenesis, 17(2), 88. https://doi.org/10.31258/biogenesis.17.2.88-93
Published
2022-02-09