Pemanfaatan Adobe Flash Dengan Pendekatan Konstruktivis Dalam Meningkatkan Efektifitas Pemahaman Materi Pelajaran Fisika Di Smk Siti Banun
Abstract
Dengan berkembangnya zaman yang semakin serba teknologi sangat berpengaruh terhadap seluruh sektor baik ekonomi, pariwisata terkhusus pendidikan, hal ini tidak menutup kemungkinan kita seluruhnya harus tetap eksis dan terus bersaing dalam menambah wawasan ilmu pengetahuan untuk menjadikan sumber daya manusia yang unggul menuju Indonesia emas tahun 2045. Di dalam Undang-Undang No 20 tahun 2003, peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olahhati, olahpikir, olahrasa, dan olahraga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. Penelitian ini bertujuan untuk menginovasi media pembelajaran menggunakan sistem digital yakni adobe flash sehingga proses pembelajaran lebih meningkatkan motivasi siswa/i khususnya untuk menyelesaiakn soal test yang diberikan. Metode yang digunakan waterfall. Data yang digunakan ialah hasil wawancara dari siswa yang telah dikumpulkan sebelum menggunakan aplikasi dan sesudah menggunakan aplikasi dalam penyelesaian soal. Berdasarkan hasil wawancara siswa maka diperoleh kesimpulan dalam penyelesaian soal menggunakan aplikasi lebih antusias dan semangat ingin mencoba karena langsung mengetahui hasil scor nilai yang mereka kerjakan baik score benar dan salah. Sehingga dari penelitian ini kesimpulan yang didapat untuk meningkatkan efektifitas dalam pembelajaran khususnya penyelesaian soal-soal perlunya inovasi pembelajaran khusus untuk test menggunakan teknologi digitalisasi yakni adobe macromedia flash
Downloads
References
[2] T. N. Sangkot Idris Ritonga, Wahyu Azhar Ritonga, Rizki Kurniawan Rangkuti, Syafaruddin, Bukhari Is, “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Di Smks Harapan Al-Washliyah Sigambal T.A 2015/2016,” J. Al-Khawarizmi Pendidik. Mat., Vol. 01, No 01, Pp. 37–46, 2020.
[3] “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar (,” Vol. V, 2018.
[4] T. Kusuma, A. P., & Widodo, “Rancang Bangun Sistem Pendataan Nilai Akademik Siswa Berbasis Web Menggunakan Php Dan Mysql Di Sma Islam Hasanuddin Kesamben,” Antivirus, Vol. 10(1), Pp. 11–20, 2016.
[5] R. K. Rangkuti, W. A. Ritonga, And S. I. Ritonga, “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Media Autograph,” Vol. 01, No. 01, Pp. 7–14, 2020.
[6] B. Pb, S. Ca, M. Cu, O. M. Na, And C. Superconductor, “Characterization Of Physical And Electrical Properties Of Characterization Of Physical And Electrical Properties Of,” Pp. 0–6, 2018, Doi: 10.1088/1742-6596/1120/1/012099.
Copyright (c) 2021 U-NET Jurnal Teknik Informatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).