PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI ANAK DI SD NEGERI 112166 AEK NABARA MENGGUNAKAN VB.NET 2010
Abstract
Seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat telah mengubah model, pola, dan media
pembelajaran di dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan sendiri suddah banyak aolikasi
multimedia pembelajaran baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, baik itu dalam bentuk
aplikasi maupun game edukasi. Game edukasi sendiri telah dibuktikan dapat menunjang
proses pendidikan, dan game edukasi unggul dalam beberapa aspek jika dibandingkan denga
metode pembelajaran konvensional. Salah satu keunggulan yang signifikan adalah adanya
animasi yang mampu menarik perhatian anak dalam mengenal suatu hal dan juga dapat
meningkatkan daya ingat anak tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba membuat
sebuah game yang mampu digunakan untuk anak-anak sekolah dasar dalam melatih daya
ingatnya dan sambil melatih otak dalam hal berhitung.
Pengolahan permainan ini menggunakan visual basic.net 2010 sebagai media
perancangan untuk merancang animasi yang akan ditampilkan di game tersebut. Bagaimana
merancang dan membangun aplikasi game edukasi untuk anak-anak sekolah dasar serta
membuat tampilan tampilasn visual game menjadi lebih menarik sehingga anak-anak
tersebut menyukai dan menarik minat belajar mereka.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game edukasi yang mampu digunakan untuk
melatih daya ingat anak dan melatih kemampuan anak dalam berhitung terutama
matematika. Dengan adanya game ini para guru di SD NEGERI 112166 Aek Nabara akan
terbantu dalam pengajaran. Karena metode pembelajaran yang digunakan dalam sekolah
tersebut masih manual, artinya masih hanya menggunakan buku saja sebagai bahan acuan
bahan ajar. Sehingga para siswa kerap kali merasa bosan dengan metode pembelajaran
tersebut.
Downloads
References
Budi Raharjo, 2016, Mudah Belajar Visual Basic.NET Disertai Lebih Dari 300 Contoh Program, Bandung : Informatika Bandung, 2016.
Candra Agustina, Tri Wahyudi, 2015, Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android Untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia, Indonesian Journal On Software Engineering Vol 1 No 1, Program Studi Manajemen Informatika AMIK BSI Yogyakarta.
Iis Aprinawati, 2017, Penggunaan Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi Volume 1 Nomor 1, Prodi Pendidikan Guru Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Jinifer Rori, Steven Sentinuwo, Stanley Karouw, 2016, Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan Ortodonsia Menggunakan Animasi 3D, E-Journal Teknik Informatika Vol.8, No.1, Teknik Informatika, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indomesia.
Jusuf Wahyudi, Ferry Hari Utami, 2011, Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Ayam Dengan Metode Forward Chaining, Jurnal Media Infotama Vol.7 No. 2, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dehasen Bengkulu.
Kusmanto. (2020). PERANCANGAN APLIKASI PENDATAAN SUPLAYER GETAH KARET PADA PT. RUBBER HOCK LIE MENGGUNAKAN VISUAL BASIC. NET. Jurnal Ilmiah INFOTEK, 3(1).
Muhammad Amrin Lubis, Sistem Informasi Pengendalian Informasi Masuk Dan Keluar Pada Puskesmas Seberang Padang, Jurnal Edik Informatika, Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika V2.i2(240-247), Sistem Informasi, STMIK Indonesia Padang.
Nasution, M. B. K. (2020). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENYAKIT ANAK DI PUSKESMAS SIGAMBAL MENGGUNAKAN VISUAL BASIC. NET. Jurnal Ilmiah INFOTEK, 3(1).
Novi Sumiyarti, Tati Abas, Isma Widiaty, Desember 2014, Penguaasan Pengetahuan Mahasiswa Tentang Alat Permainan Edukatif Dalam Perkuliahan Bimbingan Perawatan Anak, Departemen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Pendidikan Indonesia.
Rojali Soni Afandi, Erik Hadi Saputra, Desember 2013, Aplikasi Mobile Informasi Kafe Di Yogyakarta Berbasis Android, Jurnal Ilmiah DASI Vol.14 No. 04, Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta.
Rusli Saputra, Sistem Informasi Pengolahan Data Konsultasi Kehamilan Dan Persalinan RSIA Permata Bunda Solok, Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika V2.i2(231-239), Stmik Indonesia.
Wahyu Hidayat, Ramadhian Agus Triono, Sukadi, Pembangunan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Smp Negeri 2 Sudimoro Pacitan, Indonesian Journal On Networking and Security
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






