MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA SMA N 2 RANTAU SELATAN MENGGUNAKAN METODE THINK ALOUD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode Think Aloud dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, serta untuk menemukan kelebihan dan juga kekurangan dalam menggunakan metode ini di SMA N 2 Rantau Selatan, terkhusus kepada siswa kelas XI di SMA N 2 Rantau Selatan. Penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas yang memiliki 2 (dua) tahapan. Untuk mengmpulkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan angket dan test. Dengan menggunakan metode Think Aloud kemampuan mebaca siswa meningkat dengan baik. Hal itu dapat dibuktikan dari indicator yang telah ditentukan, yaitu; siswa dapat memprediksi isi dari sebuah teks dengan melihat gambar dan judul teks, mengungkapkan pendapat, menjelaskan apa yang telah dibaca, dan menceritakan kembali apa yang telah dibaca oleh orang lain. Meski demikian, penggunaan metode ini membutukan banyak waktu dan membutuhkan persiapan yang matang ketika di dalam kelas.





