UPAYA PENINGKATAN PRONUNCIATION MELALUI RAGAM METODE STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DAN KARAKTER DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah ada pengaruh yang signifikan dari penerapan ragam metode Student Centered Learning (SCL) terhadap hasil pembelajaran Pronunciation, menemukan apakah ada pengaruh yang signifikan dari karakter terhadap hasil pembelajaran Pronunciation, dan mengetahui apakah ada interaksi antara penerapan ragam metode Student Centered Learning (SCL) dan karakter terhadap hasil pembelajaran Pronunciation. Metode yang akan digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan factorial design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan bahasa inggris. Instrumen yang akan dipakai berupa tes (pre-test dan post-test) dan angket. Validitas tes akan menggunakan Pearson Product Momen. Kuder Richardson’s 21 akan digunakan untuk menguji reliabilitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa F1 = 24,2 > Fcrit = 4,11, maka H0 ditolak. Jadi ada pengaruh yang signifikan antara karakter baik dan karakter buruk terhadap hasil capaian pronunciation. Karena F2 = 0,95 < Fcrit = 3,25, maka H0 diterima. Jadi tidak ada pengaruh yang signifikan antara ragam metode Student Centered Learning terhadap hasil capaian pronunciation. Karena F3 = 0,35 < Fcrit = 3,25, maka H0 diterima. Jadi tidak ada interaksi antara karakter dengan penggunaan ragam metode Student Centered Learning terhadap hasil capaian pronunciation





