The Effect of Problem Based Learning Strategy on Speaking Skill at SMK Siti Banun
Abstract
Strategi pembelajaran berbasis masalah adalah strategi yang berpusat pada siswa yang dapat diartikan sebagai kegiatan belajar yang menekankan pada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berbicara. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK Siti Banun tahun 2019/2020 yang terdiri dari 4 kelas dengan total 250 siswa. Penelitian sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan metode eksperimen. Data diambil dengan pretest dan post-test. Rata-rata hasil belajar siswa pada pretest menunjukkan data, kelas eksperimen = 70.21 dan kelas kontrol = 68.1. Setelah diajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah, data menunjukkan = 80.8 dengan standar deviasi = 4.51 sedangkan yang tidak menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah = 75.62 dengan standar deviasi = 2.66. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa skor T-test lebih tinggi dari t tabel (5.975 > 1.667) dengan level α = 0.05. Menunjukkan bahwa siswa yang mendapat strategi pembelajaran berbasis masalah perawatan lebih baik daripada mereka yang tidak mendapatkannya. Dalam proses pengajaran siswa lebih aktif dan percaya diri untuk berbicara bahasa Inggris. Jadi dapat dilihat bahwa penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat mempengaruhi keterampilan berbicara pada siswa kelas sebelas di SMK Siti Banun pada tahun akademik 2019/2020.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2014). Produser Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ary, Donal. (2010). Introduction to Research in Education. 8th Edition.Canada: Nelson Education Ltd.
Barret, Terry. (2017). A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.
Brown, H. D. (2001). Teaching by principles: An interactive approach to language pedagogy. San Francisco: San Francisco University.
Hamid, Siti Maryam. (2014). “The Effect of Using Problem Based Learning (PBL) Method Towards Students’ Speaking Skill”. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(2), 209-219.
Hughes, Rebecca. (2011). Teaching and Researching Speaking, Second Edition. United Kingdom: Pearson Education Limited
Juhana. (2012). “Psychological Factors That Hinder Students From Speaking in English Class”. Journal of Education and Practice, 3(12), 100-110.
Nunan, David. (2003). Practical English Language Teaching. New York: McGraw-Hill.
Rohim, Abdur. (2014). “Improving Students’ Speaking Skill through Problem-Based Learning (PBL) Strategy”. UNISMA, 3(8), 1-7.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.
Tan, Oon-Seng. (2002). Problem-Based Learning: More Problems for Teacher Education. Singapore: National Institute of Education.
_____________. (2003). Problem-Based Learning Innovation: Using Problems to Power Learning in the 21st Century. Singapore: Cengage Learning.
Unimed. (2012). Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (LPG) Bidang Studi: Bahasa Indonesia. Medan: Unimed.





