Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di MTs. Al-Washliyah Simpang Marbau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa di MTs. Swasta Al-Washliyah Simpang Marbau pada kelas tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Swasta Al-Washliyah Simpang Marbau. Banyaknya sampel penelitian ini adalah terdiri dari dua kelas yang berjumlah 60 siswa. Data sampel diambil secara acak (Random Sampling). Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes esai, instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemahaman matematis. Teknik analisis data adalah uji normalitas dimana uji normalitas menggunakan uji Liliefors, homogenitas dan hipotesis dengan rumus Uji t. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan peneliti maka didapatkan hasil dan , maka maka ditolak dan diterima. Dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa yang signifikan.