Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Mind Map Terhadap hasil belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Entomologi
Abstract
Pembelajaran biologi sangat diperlukan suatu media pembelajaran berupa Mind Map. Penerapan Mind Map (peta pikiran) pada matakuliah entomologi bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam proses pemahaman materi perkuliahan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berupa Mind Map terhadap hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Entomologi. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel penelitian ini yakni satu kelas, mengunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dengan memberikan soal pilihan berganda yang sebelumnya telah divalidasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan thitung >ttabel yakni 24,75 >1,76 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara Model Pembelajaran Mind Map terhadap hasil belajar siswa pada mata kuliah Entomologi.