Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII SMP IT Nur Hyat Iman Al-Falah Kampung Dalam

  • Ahmad Habin Sagala Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Syafaruddin Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Muhammad Yusuf Fakultas Agama Islam, Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Wahyu Azhar Ritonga Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Ridho Kurniawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
Keywords: Model Pembelajaran, Jigsaw, SMP IT, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dI SMP IT Nur Hyat Iman Al-Falah Kampung Dalam. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP IT Nur Hyat Iman Al-Falah Kampung Dalam Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah 30 Siswa. Penentuan kelas di dasarkan pada tingkat permasalahan yang dimiliki sesuai dengan hasil wawancara dengan guru yang dilakukan sebelum penelitian, yaitu masih rendahnya partisipasi siswa dalam berdiskusi/Belajar Kelompok. Objek penelitian ini berkaitan dengan rumusan masalah yang diajukan, yaitu penerapan model pembelajaran tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP IT Nur Hyat Iman Al-Falah Kampung Dalam. Pada siklus I, dari 30 siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 20 siswa yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya 10 siswa yaitu belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 76,45. Pada siklus II ternyata 29 siswa  yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 3 siswa yang  belum memiliki ketuntasan belajar.  Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 84,43. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada  mata pelajaran PAI di SMP IT Nur Hyat Iman Al-Falah  Kampung Dalam dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Istarani (2011) Kumpulan 39 Model Pembelajaran. Medan : CV. IS. COM.
Isjoni (2010) Cooverative Learning Efektifitas Pembejajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta
Susilana Rusd (2009) Media Pembelajaran. Bandung Jakarta : Rinalca Cipta.
Hamalik, Oemar (2010) Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta Bumi Aksara.
Hamdani (2011) Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia Hamzah.
B. Uno (2007). Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif) Jakarta : Bumi Aksara.
Syafaruddin, Ritonga, W. A., & Ritonga, S. I. (2020). Membangun pendidikan akhlak dan adab di generasi milenial industri 4.0 melalui eksperimen fisika sederhana. Pena Cendikia, 02(01), 6–9.
Ridwan Abdul Sani (2016) Inovasi Pembelajaran .Jakarta : Bumi Aksara.
Rusman (2011) Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme I Guru. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung : Alfabeta
Ridwan. (2019). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung : Alfabeta. https://idtesis.com/metode-pembelajaran-jigsaw-model-team-ahli/ diakses pada Tanggal 18 Agustus 2022
Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemah, Jakarta:Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Quran, 1984.
Sardiman A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Undang-undang Sisdiknas(Sistem Pendidikan Nasional) 2003, Sinar Grafindo.
Trianto (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta:Kencana.
Nuraida & Khalid Alkaf (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Ciputat: Islamic Research Publishing.
Ramayulis (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia
Warsono dan Hariyanto (2012). Pemebelajar n Aktif. Bandung : Rosda Karya.
Tohirin (2006). Psikologi Pembelajarn Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zainin (2008), dkk. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.
Published
2023-03-01