Implementasi Kepemimpinan Pembelajaran Untuk Mewujudkan Mutu Sekolah SMA Negeri 1 Namorambe
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan juga mendeskripsikan implementasi kepemimpinan pembelajaran dalammenciptakan mutu SMANegeri 1 Namorambe. Metode yang digunakan yaitu berupa pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Informasi dan juga data yang berupa hasil wawancara, hasil observasi, , dan juga dokumentasi. Hasil penelitian di SMA Negeri 1 Namorambe ini menunjukkan bahwa kepemimpinan pembelajaran telah diimplementasikan dengan baik dari hasil pembelajaran yang optimal serta didukung dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler (wajib dan peminatan) sehingga mutu sekolah dapat terwujud
Downloads
References
Creswell, W. J., and Creswell, J. D. (2018) Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches, SAGE Publications, Inc. Los Angeles. doi: ISBN 978-1-5063-8670-6 (pbk. : alk. paper) Subjects
Fadhli, M. (2017) ‘Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan’, TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(02), pp. 215–240. doi: http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295.
Hamel, H. C. (2021) ‘Peran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah di SMK YPK Tabernakel Nabire’, Cakrawala Ilmu Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), pp. 34–44. Available at: https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/220.
Septiani, B. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Yang Diintegrasikan Dengan Media Exe Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Ikatan kimia. School Education Journal.
Pawar, A. et al. (2020) ‘Organizational Servant Leadership: A Systematic Literature Review for Implications in Business’, International Journal of Educational Administration, Management, and Leadreship, 1(2), pp. 63–76. doi: 10.51629/ijeamal.v1i2.8.
Peraturan Pemerintah No.32 (2013) ‘Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan’, JDIH BPK RI DATABASE PERATURAN, 2(32), pp. 1–52. Available at: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5364/pp-no-32-tahun-2013.
Putri, D. C., Burhanuddin and Wiyono, B. B. (2021) ‘JAMP 2 sudah_Supervisi Kepala Sekolah dan Hubungannya dengan Penguasaan Kompetensi Guru SMK’, JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(1), pp. 17–23. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um027v4i12021p17.
Rahayu, S. (2019) ‘Standar Proses PERMENDIKBUD Nomor 65 Tahun 2019’, INA-Rxiv Papers, (65), pp. 1–15. doi: 10.31227/osf.io/gnmrk.
Rahmawati, S. N. A. and Supriyanto, A. (2020) ‘Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim Dalam Implemeentasi Manajemen Mutu Terpadu’, Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), pp. 1–9. doi: 10.26740/jdmp.v5n1.p1-9.
Riyanto, Yatim, (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif: Unesa University Press.