Pondok Pesantren Modern Dan Sekolah Islam Terpadu Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam
Abstract
Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia, terutama dalam melewati fase-fase kehidupan manusia. Implementasi pendidikan itu dalam kehidupan tentunya membutuhkan proses panjang yang mengandung nilai-nilai filosofis dalam aktivitas pendidikan. Aktivitas Pendidikan yang dilaksanakan bisa melalui jalur Formal, Informal maupun Nonformal.maka di antara Lembaga yang melaksanakan Pendidikan jalur Formal adalah Pondok Pesantren Modern dan Sekolah Islam Terpadu. Lembaga ini yang berfungsi untuk mengembangkan potensi-potensi anak sehingga mampu mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan sesuai dengan Undang-Undang Pendidkan tentang Sistem Pendidikan Nasional no.20 tahun 2003.
Downloads
References
Barnawi, Imam. Tradisionalisme Dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Al Ikhlas, 1993.
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren. 8th ed. Jakarta: LPEES, 2011.
Halim, Abdul. Manajemen Pesantren. yogyakarta: pelangi aksara, 2005.
Hasbullah. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press, 1996.
———. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.
Khusnurridho, M. Shulthon Masyhud dan M. Manajemen Pondok Pesantren. 1st ed. Jakarta: Diva Pustaka, 2003.
Maarif, Syamsul. Pesantren Vs Kapitalisme Sekolah. Semarang: Need s Press, 2008.
Madjid, Nurcholish. Bilik- Bilik Pesantren. Jakarta: P3M, 1985.
Maksum, Ali dan Ruhendi, Luluk Yunan. Paradigma Pendidikan Universal Di Era Modern Dan Post-Modern ; Mencari Visi Baru Atas Realitas Baru Pendidikan Kita. Yogyakarta: Ircisod, 2006.
Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al Maarif, 2006.
Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.
Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Penada Media, 2006.
Munawwaroh, Azizah. “Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 2 (2019): 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363.
Nata, Abuddin. Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Grafindo Persada, 2001.
Noor, Mahpuddin. Potret Dunia Pesantren. Bandung: Humaniora, 2006.
RI, Departemen Agama. Al Quran Dan Terjemahan { Transliterasi Arab Latin }. Semarang: Asy-Syyfa, 2001.
Zaini, Wahid. Dunia Pemikiran Kaum Santri. Yogyakarta: LKPSM NU DIY, 1994, 2008.