Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Pembelajaran Ilmu Tajwid di Pondok Pasanteren Salafiyah Uswatun Hasanah Kecamatan Silangkitang

  • Ahmad Habin Sagala Program Studi Agama Islam - Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Syafaruddin Program Studi Agama Islam - Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Wahyu Azhar Ritonga Teknik Informatika, Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu
Keywords: Covid-19, Ilmu Tajwid, Daring

Abstract

Covid-19 hingga saat ini masih dalam proses penanganan serta pemutusan penyebaran virusnya, hingga berbagai sektor sangat terancam dengan adanya pandemic ini. Khususnya ekonomi dan Pendidikan yang sangat berguna sesuai dengan tertuang didalam UU No. 20 Tahun 2003, yakni: “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”. Pendidikan merupakan kunci dari suatu kemajuan negara, dengan semakin baiknya pendidikan maka akan terwujud SDM unggul Indonesia maju. Maka untuk mewujudkan pendidikan yang baik perlu adanya inovasi dan kreasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan adalah kunci suatu perubahan terhadap negara, semakin baik Pendidikan maka semakin maju pula negara tersebut. Sehingga dalam mewujudkan Pendidikan yang tidak kalah bersaing dengan dunia luar maka berbagai macam metode yang digunakan dalam menyampaikan pembelajaran Kemudian dalam tipe belajar itu sendiri terdapat 2 dimensi yaitu: Dimensi Menerima (reception learning) - menemukan (discovery learning) dan menghafal (rote learning) – serta belajar bermakna (meaningful learning). Kalau dua dimensi itu digabung, maka akan diperoleh empat macam belajar menurut Ausubel dan Rabinson yaitu: 3 Meaningful reception, rote reception, meaningful discovery, dan rote discovery Dalam al Quran dijelaskan betapa pentingnya pembelajaran ilmu tajwid sesuai dengan surah Q.S Al- Muzzammil:Yang artinya: “atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan” dengan analisis data menggunakan SPSS for windows

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al- Quran
UU No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS
Abdul Muhid, 2010. Analisis Statistik SPSS for Windows: Cara Praktis Melakukan Analisis Statistik, Surabaya: CV Duta Aksara

Burhanuddin dan Esa Nur Wahyuni, 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar- Ruzz Media

George Boeree, 2008. Metode Pembelajaran Dan Pengajaran Jogjakarta : Ar–Ruzz Martono, Nanang, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.
Slameto, 2003. Belajar Mengajar dan faktor- faktor yang mempengaruhinya Jakarta, PT. Rinake Cipta
Sarwono, Jonathan, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Published
2021-04-14