Pengaruh Teknologi Terhadap Komunikasi Kehidupan Siswa Kelas X TKJ SMK Swasta Siti Banun Rantau Selatan

  • Sahbuki Ritonga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Labuhan Batu, Rantauprapat, Indonesia
  • Zulpahri Nainggolan Universitas Islam Labuhan Batu, Rantauprapat, Indonesia
  • Wahyu Azhar Ritonga Universitas Al Washliyah Labuhan Batu, Rantauprapat, Indonesia
Keywords: Teknologi, Komunikasi, Kehidupan, Siswa, SMK Siti Banun

Abstract

Teknologi Informasi perkembangannya setiap waktu semakin pesat. Inovasi teknologi yang mendukung informasi ini menyebabkan perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat, dimana setiap informasi yang ada di dunia ini kita dapatkan dengan waktu yang relativ singkat. Seiring dengan itu kemampuan meningkat dalam bidang teknologi dank arena peralatan menjadi murah dan lebih kuat serta mudah dibawa disertai dengan perkembangan aplikasi komputer menyebabkan perkembangan informasi semakin cepat. Maslah teknologi informasi diyakini bahwa akan menjadi penggerak utama dan sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi dunia ke depan. Teknologi informasi juga dipandang sebagai suatu hal penting dalam perluasan kesempatan belajar di sekolah SMK Swasta Siti Banun, namun jangan sampai karena inovasi teknologi terus berkembang mengakibatkan pola pikir siswa dalam berkomunikasi menjadi semakin sempit, yang mengakibatkan kelihatan siswa menyendiri hanya beradaptasi dengan teknologi saja. Dalam hal ini penulis menggunakan metode penelitian langsung ke lapangan, dengan banyaknya responden 36 siswa. untuk melihat sejauh mana pengaruh teknologi terhadap komunikasi kehidupan siswa kelas X TKJ di SMK Swasta Sitibanun, berdasarkan hasil dari pengolahan data menggunakan software SPSS for windows didapatlah nilai thitung (18,895) > ttabel (1,689) dengan nilai probabilitas t yakni sig. 000< 0,05, dapatlah dapatlah disimpulkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari variabel bebas (pengaruh teknologi) terhadap variabel terikat (komunikasi kehidupan).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Quran dan Hadist
Rangkuti, R. K., Ritonga, W. A., & Ritonga, S. I. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Media Autograph. 01(01), 7–14.
Sangkot Idris Ritonga, Wahyu Azhar Ritonga, Rizki Kurniawan Rangkuti, Syafaruddin, Bukhari Is, T. N. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Di SMKS Harapan Al-Washliyah Sigambal T.A 2015/2016. Jurnal Al-Khawarizmi: Pendidikan Matematika, 01, No 01,.
Cohen, I. Bernard. (1985). Revolution In Sentence. England: Harvard University Press.
Hafied, Changara, (1998). Lintasan Sejarah Ilmu Komunikasi, Surabaya: Usaha Nasional.

Onong Uchyana Efendy, (1993). llmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT.Citra Aditya Bhakta.

Thomas S.Khun, (1989). Peran Paradigma dalam Resolusi Sains, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Thompson, B.John. (1990). Kritik ldeologi Global Teori Sosial Kritis tentang Relasi ideologl dan Komunikasi Massa, diterjemahkan oleh Haqqul Yaqin, Yogyakarta: lrcisod, 2004

Zen. M.T, (1981), editor, Sams, Teknologi dan Hari Depan Manusia, Jakarta: Penerbit PT.Gramedia.
Published
2020-03-03