Pengaruh Strategi Spritual Teaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( Pai ) Di Kelas Viii Mts Swasta Zf Hikmatul Ikhwan Suka Ramai Kec. Na Ix-X Kab. Labuhanbatu Utara T.A 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi spritual teaching dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, untuk mengetahui motivasi belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh strategi spritual teaching terhadap motivasi belajar siswa di kelas VIII MTs S ZF Hikamatul Ikhwan Suka Ramai. Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah uj t. Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel spritual teaching terhadap motivasi belajar siswa. Sebelum uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji multikolinearitas. Melalui pengolahan data, diperoleh bahwa strategi spritual teaching yang dilaksanakan guru sudah baik, serta motivasi belajar yang dimliki siswa juga baik.Melalui analisis data diperoleh persamaan regresi Y = 52,524 + 0,472 X+ e dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,212 (21,2%). Melalui pengujian hipotesis diperoleh ada pengaruh yang signifikan antara variabel spritual teaching dengan koefisien regresi 0,472. Pengaruh variabel strategi spritual teaching terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam juga diperoleh signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara spritual teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VIII MTs S ZF Hikmatul Ikhwan Suka Ramai.
Downloads
References
Basuki, K.H. (2015). “Pengaruh Kecerdasan Spritual dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika”.Jurnal Formatif 5(20). 1-14.
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Kemendikbud. (2011). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) UU RI No. 23 Tahun 2003. Pamulang : SL Media.
Mardianto. (2012). Psikologi Pendidikan : Landasan Untuk Pengembangan Strategi Pembelajaran. Medan : Perdana Publishing.
Munir, Abdullah. (2009). Spritual Teaching Agar Guru Senantiasa Mencintai Pekerjaan dan Anak Didiknya. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.
Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta : Prenade Media Group.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Alfabeta.