Faktor-Faktor Rendahnya Aktivitas Mahasiswa UNIVA Labuhanbatu Dalam Kegiatan Pembelajaran

  • Mesra Wati Ritonga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Al Washliyah Labuhanbatu.
  • Siska Yulia Rahmi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Al Washliyah Labuhanbatu.
Keywords: Aktivitas Belajar, Mahasiswa, Kegiatan Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:  (1) mengetahui faktor-faktor rendahnya aktivitas mahasiswa UNIVA Labuhanbatu dalam kegiatan pembelajaran dan (2) mengetahui faktor manakah yang dominan mempengaruhi rendahnya aktivitas belajar mahasiswa UNIVA Labuhanbatu dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sabjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa UNIVA Labuhanbatu khususnya pada Prodi Pendidikan Matematika yang berjumlah 115 orang dan objek penelitian adalah aktivitas belajar yang meliputi mengajukan pertanyaan dan mengemukakan pendapat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Instrumen pengumpulan berupa lembar pedoman wawancara dan lembar angket. Teknik analisis data dengan model analisis interaktif Miles & Huberman dengan empat kegiatan pokok: data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verifyin. Keabsahan data diperoleh dengan credibility dengan long term observationdan triangulasi baik sumber maupun teknik.Hasil penelitian faktor-faktor rendahnya aktivitas mahasiswa dalam mengajukan pertanyaan dan mengemukakan pendapat adalah tidak percaya diri dikarenakan beberapa hal diantaranya sulit merangkai kata, takut salah, malu, rendahnya pemahaman/penguasaan materi, kurang fokus/konsentrasi, kurang wawasan, sulit mengkomunikasikan, takut ditertawai, grogi, ragu untuk bertanya, dan mental belum siap, tidak punya nyali, takut dianggap bodoh, takut sama dosen. Adapun faktor yang dominan mempengaruhi adalah tidak percaya diri 64,30%, sulit merangkai kata 45,22%, dan sulit mengkomunikasikan 43,55%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anni, R. (2009) Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Hakim (2002) Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Purwaningsih, R. (2015) ‘Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing’, Didaktik, 9, pp. 16–25.
Rahmi, S. Y. (2015) Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lintau. Universitas Negeri Padang.
Sardiman (2011) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Slameto (2013) Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2019-03-03