Efektifitas Media ICT dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas X SMK Swasta Siti Banun Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu

  • Fauzi Ahmad Syawaluddin Program Studi Pendidikan Agama Islam - Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Rendi Fitra Yana Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam - Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Taufiqurrahman Nur Siagian Program Studi Teknik Informatika - Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu
  • Ronal Watrianthos Program Studi Teknik Informatika - Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu
Keywords: Media, ICT, Pembelajaran konvensional, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk : (1) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar Peserta didik yang signifikan antara yang diajar dengan menggunakan media ICT dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik dikelas X Mata pelajaran PAI SMK Swasta Siti Banun Sigambal Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Peserta didik yang signifikan antara yang diajar dengan menggunakan media ICT dan yang diajar
dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik dikelas X Mata pelajaran PAI SMK Swasta Siti Banun Sigambal Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksprimen semu atau kuasi eksperimen berbentuk pretes-postes control group design dengan penelitian komparatif, dimana peneliti terlibat langsung melakukan treatment/perlakuan dibantu dengan instrumen penelitian yaitu Tes dan Angket motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan penelitian dan pengolahan data diperoleh bahwa terdapat perbedaaan Motivasi Belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media ICT dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Dapat dilihat dari skor rata-rata motivasi belajar yang diajar dengan menggunakan media ICT lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Begitu juga terdapat perbedaan Hasil Belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media ICT dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Dapat dilihat dari skor rata-rata hasil
belajar yang diajar dengan menggunakan media ICT lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini disebabkan bahwa media ICT lebih baik dalam meningkatkan pemahaman siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada taraf signifikansi. Hasil ini juga menunjukkan bahwa media ICT lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Swasta Siti Banun Sigambal Kabupaten Labuhanbatu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalyono, M. (2003). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.

Hamilik, O. (2005). Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Gaung Persada Press

Kebudayaan, D. P. dan. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Muhibbinsyah. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosda Karya.

Mulyadi. (2007). Psikologi Pendidikan. Pustaka Belajar.

Nasution, A. P., Harahap, D. A., & Watrianthos, R. (2019). Application Decision Support System using PROMETHEE
Method. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 11(1), 506–511.
http://www.jardcs.org/abstract.php?id=442

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, 1 (2003).

Purwanto, & Ngalim, M. (2006). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Simanjorang, E. F. S., Zebua, Y., Broto, B. E., Nasution, M. F., & Watrianthos, R. (2019). The Implications of Theory of
Planned Behavior (TPB) on The Student Online Business Intention. International Journal of Scientific & Technology
Research, 8(04), 180–183.

Siregar, S. U., Julyanti, E., Siregar, J. E., & Watrianthos, R. (2019). Improving Communication Ability And Mathematical
Self Efficacy Of Elementary School Students Through The Realistic Mathematics Learning Approach. International
Journal of Scientific & Technology Research, 8(03), 31–33.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Watrianthos, R., Munthe, I. R., & Muti, R. (2019). Analisis Pengaruh Penggunaan Facebook Bagi Mahasiswa dan
Hubungannya dengan Gangguan Kecanduan Facebook. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 3(3), 167–
171. https://doi.org/10.30865/mib.v3i3.1178

Watrianthos, R., Simanjorang, E. F. S., Syaifullah, M., & Munthe, I. R. (2019). Penerapan Metode Promethee Sebagai Sistem
Pendukung Keputusan Pemeringkatan Siswa. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 3(4), 381–386.
https://doi.org/10.30865/mib.v3i4.1546

Watrianthos, R., Triyanto, Y., Pristiyono, P., Hasibuan, D., & Samsir, S. (2020). e-Government Village Model. Proceedings
of the Proceedings of the Third Workshop on Multidisciplinary and Its Applications, WMA-3 2019, 11-14 December
2019, Medan, Indonesia, 1–8. https://doi.org/10.4108/eai.11-12-2019.2290857
Published
2020-06-01