Pelatihan Tilawah Alquran
Abstract
Kegiatan PKM ini ditujukan untuk mahasiswa Universitas Al Washliyah (Univa) yang ingin meningkatkan
kemampuan membaca Al-Quran dengan tartil dan tajwid yang benar. Mitra yang terlibat meliputi dosen PAI
sebagai fasilitator utama, guru/mubaligh berpengalaman yang memberikan pendampingan praktik tilawah, serta
mahasiswa sebagai peserta aktif yang mengikuti pelatihan dan latihan membaca Al-Quran. Permasalahan yang
ditemukan adalah banyak mahasiswa mengalami kesulitan membaca Al-Quran dengan baik dan benar,
sehingga kualitas ibadah dan pemahaman Al-Quran belum optimal. Solusi yang ditawarkan berupa pelatihan
intensif membaca Al-Quran dengan tartil dan tajwid yang benar, didukung praktik langsung, evaluasi, dan
umpan balik dari fasilitator. Kontribusi mendasar bagi mahasiswa adalah meningkatnya kemampuan membaca
Al-Quran secara tartil dan tajwid yang tepat, sehingga mendukung kualitas ibadah dan pemahaman Al-Quran
yang lebih baik. Rencana luaran yang ditargetkan mencakup jasa pelatihan tilawah, modul panduan membaca
Al-Quran, serta rekaman audio/video praktik membaca sebagai bahan evaluasi dan pembelajaran mandiri
mahasiswa.
Downloads
References
Alfian, R. (2022). Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode tartil pada anak usia sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 45–56. https://doi.org/10.30829/jpi.v11i2.1234
Arikunto, S. (2018). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, D., & Mudjiono. (2020). Belajar dan pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, N., & Suryanto, A. (2023). Strategi pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan karakter religius siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Islam, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.31004/jppi.v5i1.5678
Mahmud, A. (2021). Pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an: Implementasi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Al-Tarbawi: JurnalPendidikan Islam, 9(3),101–115. https://doi.org/10.21043/alt.v9i3.7890
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi 2, Cetakan ke29). Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2023). Desain pembelajaran inovatif. Jakarta: Kencana.
Zainuddin, M. (2022). Peningkatan motivasi belajar Al-Qur’an melalui bimbingan mahasiswa. Jurnal Pendidikan https://doi.org/10.23887/jpai.v8i2.3456