PERANAN RADIO PAS FM SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI BAGI PENGEMBANGAN DAKWAH DI KABUPATEN LABUHANBATU
Abstract
Perkembangan teknologi transformasi dan informasi kian hari kian cepat. Kemajuan teknologi komunikasi memudahkan manusia untuk mendapatkan informasi yang diinginkan sesuai dengan kebutuhannya. Media komunikasi Audio, visual maupun audio visual, saat ini menjadi suatu kebutuhan mendasar bagi manusia. Komunikasi dengan menggunakan media dewasa ini, menurut ahli komunikasi cukup besar pengaruhnya dalam membentuk dan merubah masyarakat. Hampir setiap waktu kita selalu bersentuhan dengan berbagai macam media komunikasi. Sebagai proses komunikasi, dakwah juga dapat menggunakan media-media yang digunakan sebagai media modern, seperti surat kabar, radio, televisi, yang lebih dikenal dengan media massa. Dakwah melalui media komunikasi lebih efektif dan efisien, atau dengan bahasa lain dakwah yang demikian merupakan dakwah komunikatif. Salah satu bentuk pelaksanaan dakwah melalui media massa adalah dakwah melalui radio. Dalam hal ini ada suatu hal yang penting diperhatikan yaitu, bahwa di masa sekarang radio siaran masih menduduki posisi yang sangat strategis karena kemampuannya sebagai media massa. Radio memiliki kelebihan yaitu tingkat kedekatan pendengarnya terhadap radio itu sendiri.
Downloads
References
Aw Suranto, Komunikasi Sosial Budaya, (Yogyakarta: Grahayu Ilmu,2010)
Masson, N. Grass and A.W. Eachan, Eksplorations Role Analysis, dalam
David
Berry, Pokok-Pokok Dalam Sosiologi. (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1995)
Lubis, H. Idrus, Departemen Pendidikan dan kebudayaan, Kamus Bahasa Indonesia-Melayu Riau, (Jakarta: Balai Pustaka, 1997)
Kertapati, Ton, dasar-dasar publisistik pendekatan teori dan praktik, (Jakarta: Logos, 1999)
http://duniaradio.blogspot.com/2008/02/sejarah-radio-di-indonesia.html:20-02-2024
Saharudi, Sejarah Radio RRI, (artikel diaksespada:2022)
Hidajanto Djamal dan Fachrudin Andi. “Dasar-dasar Penyiaran (Sejarah,Organisasi, Oprasional, dan Reguler)”. Jakarta: Kencana. 2011.
M Yose Rizal Saragih, “Dakwah Via Jurnalistik Radio” an-Nadwah 25, (2019)
Muktarruddin Munthe, “Penggunaan Radio Sebagai Komunikasi Dakwah.” Jurnal
Komunika Islamika 5, no. 2 (2018),
Syukir Asmuni. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: AlIkhlas. 1983.