Pengaruh Penggunaan Teknologi Al-Qur’an Digital (Muslim Pro) Pada Android Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Mas Al Washliyah Marbau

  • nanda melisa Pai Universitas Al Washliyah
  • Betti Megawati Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Fauzi Ahmad Syawaluddin Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Ruwaidah Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Nursalimah Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
Keywords: Teknologi, Al Quran, Digital, Kemampuan

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an dengan media Al-Qur’an digital dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik. Serta dengan adanya media Al-Qur’an digital dapat menigkatkan kualitas pembelajaran AlQur’an. Begitupun di MAS Al Washliyah Marbau dimana hampir keseluruhan siswa-siswinya menggunakan menggunakan Handphone. Hal tersebut dapat digunakan dengan mendownload aplikasi Al-Quran digital. Dengan adanya fasilitas tersebut akan memudahkan siswa-siswi dalam belajar dan mendengarkan Al-Qur’an sehingga mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa-siswi MAS Al Washliyah. Dalam permasalahan ini metode yang dipakai yaitu observasi, dokumentasi dan kuesioner, tujuannya adalah untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kemampuan membacar Al-Qur’an sebelum dan sesudah menggunakan Al-Qur’an Digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S, 2016, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ariesto Hadi Sutopo, 2012, Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu
Aunurrahman, 2012. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta
Arip Widodo dkk, 2013. Metode Pembelajaran al-Qur’an Anak Usia 7-13 Tahun di TPQ al-Falah 2 Desa Serangkulon Blok 01 RT 01 RW 01 Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon. al-Tarbawi al-Haditsah
Bambang Warsita, 2008, Teknologi Pembelajaran landasan dan Teorinya, Jakarta: Rineka Cipta
Betti Megawati.dkk, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Dalam Peningkatan Kemampuan Melaksanakan Shalat Bagi Siswa Sekolah Dasar. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam Vol. 13 No. 1 Juni 2021, 39 – 47
Daryanto,2013. Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media

Endi Zunaedy Pasaribu, dkk, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Negeri 2 Rantau Selatan. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 02, No 01, April 2021.
LPQ Pon Pes Nurul Iman, 2010. Buku Panduan Pendidikan Guru Pengajar Al-Qur’an (PGPQ) Metode Usmani. Blitar: Pon pes Nurul Iman
M. Arifin, 2008, Ilmu Pendidikan Islam (Tinjauan Teoritis dan Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner), Jakarta: PT Bumi Aksara
Muhammad Isnaini, 2010, Information And Communication Technologi (ICT), Palembang: Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang
Muhammad Abdul Qadir Ahmad, 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Rineka Cipta
Oemar Hamalik, 2005, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT.Bumi Aksara
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga), Jakarta: Balai Pustaka
Rasyad Aminuddin, 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press
Sardiman A.M, 2011, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers
Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
Sutrisno, 2011, Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi, Jakarta: Gaung Persada
Udin Saeffudin Sa’ud, 2008, Inovasi Pendidikan, Bandund: AlfaBeta, Cet. Ke-1
Zainal Aqib, 2013, Model-model Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Bandung: Yrama Widya
Published
2025-03-19