Pengembangan Bahan Ajar dengan Memanfaatkan Novel Karya Habiburrahman El Shirazy “Ketika Cinta Bertasbih” dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pendek Siswa

  • Eko Firman Susilo
  • Khairul Amin Hasibuan
  • Putri Sari Siregar
Keywords: Pengembangan, bahan Ajar, Keterampilan Menulis, Cerita Pendek

Abstract

Bahan ajar merupakan suatu bahan/ materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru atau peserta didik dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Bahan Ajar ( Modul) dengan memanfaatkan Novel Karya Habiburrahman El Shirazy “Ketika Cinta Bertasbih” Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen pada Siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono. Dengan subjek ahli materi, ahli evaluasi,guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XI SMA Swasta Kemala Bhayangkari 2 Rantauprapat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar dengan memanfaatkan novel karya Habiburrahman El Shirazy “Ketika Cinta Bertasbih” untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA Swasta Kemala Bhayangkari 2 Rantauprapat dengan kualitas sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M.K. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Terbaru. Jakarta: Pustaka Sandro Jaya.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi2). Jakarta:Bumi Aksara.
El Shirazy, Habiburrahman. (2007). Ketika Cinta Bertasbih. Jakarta: Republika.
Kosasih, E. (2016). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: CV Yrama Widya.
Panggabean, Nurul Huda dkk. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Yayasan Kita Menulis.
Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Purba, Antilan. (2018). Sastra Indonesia Kontemporer. Medan: Graha Ilmu.
Putra, Nusa. (2012). Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sadulloh, Uyoh. (2017). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Semi, Atar, M. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Sugiyono. (2019). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suherli dkk. (2017). Bahasa Indonesia. Jawa Barat: CV Arya Duta.
Tarigan, Henry Guntur. (2013). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Carissa Caka Windi. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Demonstrasi Sunyi Dengan Memanfaatkan Lirik Lagu Pada Siswa XII S1 SMA Negeri 1 Depok. Skripsi. Yogyakarta.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. (20 maret 2021)
M. Taufik Aditia, Novianti Muspiroh. (2013). Pengambangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat, dan Islam (Salingtematis) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Kelas X Di SMA NU Lemahabang Kabupaten Cirebon. Jurnal Scientiae Educatia 2 (2).
Muhtar. (2016). Konsep dan Ruang Lingkup Bahan Pembelajaran.
Umi Khulsum, Yusak Hudiyono, Endang Dwi Sulistyowati. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X SMA.
Published
2024-02-20