pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa SMK Swasa Harapan Al-Wwashliyah
Abstract
ABSRAK
Eka Sarika Rambe. NIM 1924061021. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks ProsedurSiswa SMK Swasta Harapan Al-Washliyah. Skripsi. Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya tingkat menulis peserta didik sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang belum mampu mencapai ketuntasan khususnya pada materi menulis teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning, sehingga diketahui keefektfan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan dsain penelitian quasi-eksperimen (quasi experiment) dengan rancangan kelompok pretest-postest. Keefektipan model pembelajaran ini diketahui dengan melakukan uji hipotesis dan uji Shapiro-Wilk yang dihitung menggunakan SPSS. Berdasarkan uji hipotesis hasil pretest-postest peserta didik signifikan dan homegeni. Signifikasi hasil pretest-postest peserta didik yaitu 1,994<9,759, data bersifat homogeny yaitu 25 peserta didik pada pretest dan 25 peserta didik pada postest. Keefektifan model pembelajaran discovery learning berdasarkan uji T-tes mencapai 7,735. Sedangkan berdasarkan uji Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa pretes berjumlah 0,86 dan postest 1,35. Hal ini menunjukkan bahwa postest lebih besar dari pretest. Hasil uji hipotesis dan uji Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning efektif digunakan dalam materi munulis teks prosedur, model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : Model , Teks Prosedur, Discovery Learning





