Penggunaan Metode Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Swasta Pgri 17 Lohsari

  • Yuannisah Aini Nasuition Universitas Al Washliyah
  • Trifazryayu Ningtiassitompul Universitas Al Washliyah
Keywords: Keterampilan menulis, Two stay to stray, Teks eksplanasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan rendahnya kemampuan siswa kelas XI Akuntansi SMK Pgri 17 Lohsari dalam menulis teks eksplanasi. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan siswa menulis teks eksplanasi adalah kurangnya siswa berkolaborasi dalam menulis, karena dalam pembelajaran menulis harus saling mendorong dan membantu agar siswa yang lain dapat menulis dan kurangnya pengetahuan dan penguasaan siswa mengenai teks eksplanasi. Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang harus dikuasi oleh setiap siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi menggunakan metode Two Stay Two Stray pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Pgri 17 Lohsari. Keunggulan metode Two Stay Two Stray yaitu, dapat menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan karena siswa diajak melakukan kegiatan diskusi dalam proses belajar. Siswa lebih aktif, karena siswa harus bertamu ke kelompok lain untuk mencari informasi dan bagi siswa yang tinggal dikelompok harus membagi informasi kepada kelompok lain yang bertamu, sehingga suasana belajar terkesan santai tetapi serius dan hasil belajar siswa semakin meningkat. Jenis penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan atas empat komponen yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Hasil dari tindakan penelitian menujukkan bahwa penggunaan metode Two Stay Two Stray dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Pgri 17 Lohsari dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin Irzal, 2021, Terampil Menulis Sinopsis dan Resensi Karya Sastra, ISBN : 978-623-7474-36-4,Guepedia,
https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=unFOEAAAQBAJ&oi=fn
d&pg=PA3&dq=Irzal+Amin,+2021&ots=TDcCvp4- b2&sig=rMTv7On8Cr_P8As3r0OMKuh6IE4&redir_esc=y#v=onepage&q
=Irzal%20Amin%2C%202021&f=false

Mahmur, Hasbullah, and Masrin. 2020. Pengaruh Minat Baca Dan Penguasaan Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol. 3(2): 169–84.
Zulkarnaini. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa PGSD Semester 1 Melalui Drill Method. Vol.1 No.2. ISSN:2355-3650.
Wulandari Desi.(2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Media Berbasis Digital dan Tebak Kalimat. Madaris: Jurnal Guru Inovatif. Issn:2716-4489.
Sitompul Radinal, Sidabutar Mayastika Ruth. Evaluasi Bahasa Teks Eksplanasi MenggunakanAprasial. http://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/3948/Penelitian%20Internal.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Simanjuntak Valentya Anju, Baharuddin.(2018). Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Teks Eksplanasi Dengan Media Ilustrasi Digital. Jurnal Komunitas bahasa. Vol.6, No.2.
Nuryaningsih Dwi Waginah.(2021). Penerapan Model Discovery Learning Berkolaborasi Google Classroom dan WhatsApp Group untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Menulis Teks Ekplanasi. Jurnal Peadagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.vol.8, No.2.
Mushfi Muhammad El Iq Bali. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol.4, No.1.
Khusnah Syafinatul Ana, Ghufron Syamsul, dkk. (2021). Pengaruh Penggunaan Modeh Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Instrinstik Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol.5, No.5.
Pratama Windu Putu I, Suwatra Wayan Ign, dkk.(2021). Efektivitas Model Pembeljaran TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Vol.4, No.1.
Mi’rojah Yuliatul Nurul, Nursaptini, dkk. (2023). Penerapan Model Two Stay Two Stray (TSTS) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII IPS 2 MA DII NW Kalijaga. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol.8, No.1.
Jumadi.(2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Gemolong. Jurnal Pendidikan. Vol.30, No.2.
Meirisa Silvia.(2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Siswa Kelas V SD. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian. Vol.2, No.8.
Ananda Rizki. 2019. “Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume. 1 Nomor. 1 halaman 1-8.
Setiawan Heri Raden. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Time Token Arends. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika. Vol.6, No.2.Halaman 78-85.
Rusli, Muhammad. Saprida. Sari nanda sari. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Learning Terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Di Kelas X MAN Labuhanbatu.



Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: PT. RAJA GRAFINDO PERSADA.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BUMI AKSARA.
Tarigan, Henri Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Ketermpilan Berbahasa.
Bandung: ANGKASA BANDUNG.

Kemendikbud.(2017). Bahasa Indonesia kelas XI. Jakarta: PT Gramedia
Sanjaya Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Published
2024-02-20