Analisis Nilai Religius Novel Cinta Dalam Diam Karya Shineeminka

  • Yuannisah Aini Nst Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Rantauprapat, Indonesia
  • Asri Yulianda Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Rantauprapat, Indonesia
  • Sangkot Idris Ritonga Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, UNIVA Labuhanbatu, Rantauprapat, Indonesia
Keywords: analisis, relegius, novel

Abstract

Penelitian ini berisi kajian nilai-nilai religius pada novel Cinta dalam Diam Karya Shineeminka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif sehingga dapat menghasilkan data yang diperlukan dalam bentuk kutipan kata-kata. Sumber data yang digunakan dalam novel ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer berupa novel Cinta dalam Diam Karya Shineeminka tahun 2017, sedangkan sumber data sekunder yaitu buku maupun jurnal rujuan yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik baca dan catat pada novel Cinta dalam Diam Karya Shineeminka. Adapun hasil analisis menunjukkan ada empat nilai religius dalam novel Cinta dalam Diam Karya Shineeminka yaitu (1) Hubungan manusia dengan Allah yakni: Keyakinan kepada Allah yang dimiliki oleh tokoh Zahra, Ali, Mama Zahra, Andra, Anisa, Danang, Nisya, Papa Zahra, dan Ayana; Sholat yang dimiliki oleh seluruh tokoh dalam novel; Berdoa yang dilakukan oleh tokoh Zahra; Tawakkal yang dilakukan oleh tokoh Zahra. (2) Hubungan manusia dengan Manusia yakni: Berbakti kepada orangtua yang dilakukan oleh tokoh Zahra dan Ali; Akhlak baik yang dilakukan oleh tokoh Zahra dan Ali; Akhlak buruk yang dilakukan oleh tokoh Ayana; Ikhlas yang dilakukan oleh tokoh Zahra. (3) Hubungan manusia dengan diri sendiri yakni: Memelihara kehormatan diri yang dilakukan oleh tokoh Ali dan Zahra; Bersyukur yang dilakukan oleh tokoh Zahra, Ali, Andra, Citra, Anisa, dan Ayana; Jujur yang dimiliki oleh tokoh Ali dan Zahra. (4) Hubungan manusia dengan Alam yang ditunjukkan oleh pengakuan kebesaran Allah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Khotimah, F. A., Syam, C., & Priyadi, A. T. (n.d.). NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL CINTA DALAM IKHLAS KARYA KANG ABAY DAN RENCANA IMPLEMENTASINYA. 1–13.
Nasution, Y. A., & Pd, M. (2019). Perbandingan Tokoh Perempuan dalam Novel “ Amelia ” Karya Tere Liye dan “ Gadis Pantai ” Karya Pramoedya Ananta Toer Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Al Washliyah Labuhanbatu. 2(1), 30–41.
Novianti, N., & Munir, S. (2017). Nilai religius dalam novel bulan terbelah di langit amerika karya hanum salsabiela rais dan rangga almahendra. 1, 73–81.
Sutri. (2014). Paradigma Pendidikan Kaum Marginal Andrea Hirata dalam Karya-karyanya (Kajian Strukturalisme Genetik). Jurnal Pendidikan UNSIKA, 2(November), 47–58.
Ulinia, C. (2017). Nilai-Nilai Religius dalam Novel 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabiela Rais. Artikel Skripsi.
Yudiono, K. S. (2007). Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Grasindo.
Published
2022-04-08