Pengaruh Multimedia Presentasi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII MTS Al-Bukhary Rantauprapat Labuhanbatu

  • Muhammad Rusli Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Asri Yulianda Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Mei Nanda Sari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
Keywords: keterampilan menulis, multimedia presentasi, teks eksplanasi

Abstract

Penelitian dilatar belakangi kurangnya pemanfaat media pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia, khususnya materi teks eksplanasi. Seperti diketahui bahwa pelajaran bahasa Indonesia tidak begitu banyak menarik perhatian siswa. Sehingga perlu adanya inovasi yang dapat menumbuhkan minat siswa belajar. Multimedia presentsi sangat dibutuhkan di sekolah Mts Al-Bukhary dalam pembelajaran teks eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Multimedia Presentasi  terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian penggunaan multimedia presentasi dalam menulis teks eksplanasi berpengaruh secara signifikan terhadap siswa kelas VIII MTs Al-Bukhary Rantauprapat. Hasil tersebut ditunjukkan dari nilai rata-rata pretest sebesar 59,67. Setelah di berikan perlakuan berupa multimedia presentasi (power point) nilai rata-rata postest mengalami peningkatan yaitu sebesar 86,9. Berdasarkan hasil uji t  antara pretest dan  postest dapat dilihat pada Thitung (3,313) dan Ttabel (2,024) menunjukkan bahwa Thitung>Ttabel. penelitian ini memiliki implikasi bagi guru untuk mempermudah dalam menyajikan materi teks eksplanasi, dapat menumbuhkan minat belajar siswa,  dapat membuka pola pikir siswa mengenai teks eksplanasi; bagi siswa mampu belajar secara mandiri, menambah rasa ingin tahu, menumbuhkan minat belajar; bagi peneliti menambah wawasan tentang media pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa; bagi peneliti lain menambah pengetahuan baru tentang multimedia, dapat bahan referensi bagi penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar, (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Prasada
Arikunto, Suharsimi. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Dalman, (2014). Keterampilan menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Prasada.
Hikmat, (2014). Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Sugiono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiono, (2016). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan disertasi. Bandung: Alfabeta.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana, (2016). Media Pembelajaran Hakikat, Pengemabangan, Pemanfaat, dan Penelitas. Bandung: CV Wacana Prima.
Tarigan, Henry Guntur. (2008) Menulis sebagai suatu Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. (2008) berbicara (sebagai suatu keterampilan berbahasa). Bandung: Angkasa,
Kosasih,E. Endang Kurniawan, (2019). Jenis-Jenis Teks Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.
Salfera, Novi, (2017) “Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas VII” Volume3Nomor2, 2017 Akses Online :http://jurnal.iicet.org diakses tanggal 25 Oktober -2019.
Emilia Susdiana, Baiq “Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas VII SMP”. CENDEKIA, Vol. 11, No. 1, April 2017 Http://cendekia.pusatbahasa.or.id; Email: cendekiaoslo@gmail.com Center of Language and Culture Studies, Surakarta, Indonesia diakses 5 November 2019
Wartiningsih, Agus, Syambasril, Amalia, “Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Menggunakan Media Audiovisual Sma Mujahidin Pontianak” file:///E:/PDF/proposal/212506-kemampuan-menulis-teks-eksplanasi-komple.pdf diakses tanggal 10 November 2019
Published
2019-03-03