PENGARUH MANAJEMEN KONFLIK TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH SWASTA (MAS) AL WASLIYAH KABUPATEN LABUHANBATU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Manajemen Konflik terhadap Kinerja Guru Madrasah AliyahSwasta (MAS) Al Wasliyah Kabupaten Labuhanbatu. Populasi dalam penelitian ini guru tetap dan guru tidak tetap Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Al Washliyah yang ada di Kabupaten Labuhanbatu yang berjumlah 94 orang. Dalam penelitian ini pengambilan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan pendapat Arikunto, sehingga ditetapkan jumlah sampel sebesar 94 orang.Metode penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan realibilitas instrumen penelitian, metode analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji-t, uji f dan koefisien determinasi (R2). Hasil uji hipótesis dengan uji secara parsial (uji t) terlihat bahwa variabel yang digunakan berupa konflik vertikal dan konflik horizontal berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Al Wasliyah Kabupaten Labuhanbatu. Hasil uji hipótesis dengan uji secara simultan (uji F) terlihat bahwa variabel yang digunakan berupa konflik vertikal dan konflik horizontal berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Al Wasliyah Kabupaten Labuhanbatu.





