Pengaruh Kemudahan Transaksi Dan Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Pada Bank Sumut Kampung Pajak

  • Syafaruddin Munthe Universitas Alwashliyah Labuhanbatu
  • Junaidi Mustapa Harahap Universitas Alwashliyah Labuhanbatu
  • Amir Hamzah Universitas Alwashliyah Labuhanbatu
Keywords: Kemudahan, Kepercayaan, dan Minat Menggunkan Mobile Banking

Abstract

Abstrak merupakan ringkasan singkat dari makalah untuk membantu pembaca cepat memastikan tujuan penelitian dan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Abstrak harus jelas dan informatif, memberikan pernyataan untuk masalah yang diteliti serta solusinya. Panjang abstrak antara 90 hingga 230 kata. Hindari singkatan yang tidak biasa dan definisikan semua simbol yang digunakan dalam abstrak. Menggunakan kata kunci yang terkait dengan topik penelitian direkomendasikan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan dan kepercayaan dalam bertransaksi terhadap minat nasabah dalam mengggunakan mobile banking pada Bank Sumut cabang Kampung Pajak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah Bank Sumut Kampung Pajak yang harus benar-benar representatif (mewakili). Dalam menentukan sampel, penelitian ini menggunakan teknik incidental sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti, maka diketahui jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 78 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebar kuesioner (angket) kepada nasabah Bank Sumut Kampung Pajak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif, uji instrumen, uji prasyarat analisis data dan pengujian hipotesis dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking pada Bank Sumut Kampung Pajak dengan dibuktikan perolehan nilai thitung > ttabel sebesar 7.058 > 1,664 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, untuk hasil variabel kepercayaan menunjukkan bahwa kemudahan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking pada Bank Sumut Kampung Pajak dengan dibuktikan perolehan nilai thitung > ttabel sebesar 9.506 > 1,664 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil ini juga menunjukkan bahwa kemudahan dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking pada Bank Sumut Kampung Pajak dengan dibuktikan perolehan nilai Fhitung > Ftabel sebesar 45.057 > 3.96 dengan nilai (Sig) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya semakin tinggi tingkat kemudahan dan kepercayaan nasabah terhadap penggunaan mobile banking maka akan semakin meningkatkan minat nasabah untuk menggunakan mobile banking pada Bank Sumut Kampung Pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anik. (2015). Pengaruh Persepsi Kegunaan Persepsi Kemudahan Persepsi Risiko dan Persepsi Kepercayaan terhadap Minat menggunakan Mobile Banking. Skripsi. Fakultas Syariah dan Hukum Sunan Kalijaga.Yogyakarta.
Arif dkk (2021). Pengaruh Kegunaan dan Kemudahan Terhadap Sikap Penggunaan Dengan Metode TAM Pada Sistem Informasi Magang. Jurnal Teknik Informatika. Yogyakarta.
Asri. R. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Pengguna,Kepercayaan dan Persepsi ResikoTerhadap Minat Menggunakan E-Money. Jurnal Ilmu Ekonomi. Jakarta.
Bunga dkk (2016). Pengaruh Kemudahan Dan Emotional Factor Terhadap Word Of Mouth Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Surabaya.
Devvy Pisheila. (2012). Pengaruh Persepsi Manfaat Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Pengalaman terhadap Perilaku Penggunaan Mobile Banking dengan Dimediasi Niat Penggunaan Mobile Banking Nasabah Bank BCA di Surabaya. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Perbanas. Surabaya.
Evriyenni dkk. (2021). Pengaruh Efisiensi,Keamanan dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking. Jurnal Perbankan SyariahVolume -3, No - (1). Banda Aceh.
Fernos, J., &Alfadino, M. (2021). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Koto Baru, Dharmasraya. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 16(2), 115-125.
Habibi, M., & Zaky, A. (2014). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Syariah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(1).
Iriani (2019). Minat Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri. Juranl Ilmu Ekonomi. Palopo.
Nasution, A. V. R., Harahap, J. M., & Ritonga, N. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Satya Kisma Usaha Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Kapital: Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 33-46.
Ledesman, M. (2018). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking (Studi Pada BSM Cabang Bandar Jaya) (Doctoraldissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Melasari, C., Suroso, A., &Banani, A. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kegunaan, Kemudahan, PrivacyRisk, TimeRisk, dan Financial Risk terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Bank Muamalat. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing dan Sistem Informasi, 25(1), 11-23.
Ritonga, W. A., Harahap, J. M., Munthe, S. R., Susilo, E. F., Jupriaman, J., & Ritonga, S. I. Pengaruh Jaminan Sosial Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Asrindo Citraseni Satria Balai Makam Kec. Mandau Kab. Bengkalis Riau.
Puspitasari. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Ilmu Ekonomi. Jakarta.
Rahayu. (2016). Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance. Jurnal Ilmu Ekonomi. Jakarta.
Rozi, F., &Ziyad, M. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank BTN. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 92-102.
Susanti, A., Khoiruddin, Y., & Solissa, N. (2015). Pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi risiko dan persepsi kepercayaan terhadap minat menggunakan mobilebanking. IAIN Surakarta, 13(3), 1576-1580.
Tirtana dkk. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan,Persepsi Kepercayaan terhadap Penggunaan Mobile Banking. Jurnal Akuntansi. ISBN: 978-602-70429-2-6. Jakarta.
Published
2023-06-01