Analisis SWOT Dalam Strategi Pengembangan UMKM Rumah Usaha Industri Keripik Eka Sari Rantauprapat

  • Junaidi Mustapa Harahap Fakultas Ekonomi, Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Jeni Sukmal Fakultas Ekonomi, Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Midrawati Hasibuan Fakultas Ekonomi, Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Syahrul Budiman Fakultas Ekonomi, Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Sangkot Idris Ritonga 6Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Matematika, Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu, Rantauprapat, Indonesia
  • Wahyu Azhar Ritonga Fakultas Ilmu Komputer, Teknik Informatika Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
Keywords: UMKM, Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Home Industri, Keripik

Abstract

Didalam penelitian ini membahas bagaimana Strategi Pengembangan yang dilakukan Usaha Keripik Eka Sari Rantauprapat, yang dimana usaha ini merupakan kegiatan UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) yang termasuk kedalam golongan home industri dengan pusat kegiatannya dilakukan di rumah. Usaha ini mulai berproduksi pada tahun 2019, produk yang dikelolah merupakan makanan ringan berupa keripik dengan bahan dasar sayuran bayam dan sayuran pare, dengan terbuat dari bahan dasar sayuran membuat keripik ini berbeda dengan keripik lainnya yang ada di Rantauprapat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif dan teknik pengumpulan data yang dilakukan seperti wawancara, kuesioner, dokumentasi serta observasi. Untuk melakukan penelitian menggunakan rumus Analisis SWOT yang dikemukakan oleh Freddy Rangkuti (2015) mengutarakan bahwa Analisis SWOT yaitu mengidentifikasikan beragam macam faktor dengan cara sistematis agar dapat menciptakan strategi bagi perusahaan. Setelah melakukan riset penelitian pada Usaha Keripik Eka Sari Rantauparapat, terdapat Faktor IFAS yaitu (kekuatan, kelemahan) dan Faktor EFAS yaitu (peluang, ancaman) yang mempengaruhi Usaha Keripik Eka Sari Rantauprapat. Dari hasil penelitian, strategi yang telah diterapkan terletak pada Kuadran I ialah Strategi Agresif yang dimana usaha ini menggunakan kekuatan yang ada dengan sebaik mungkin untuk memanfatkan peluang yang dimiliki, sedangkan strategi yang telah diterapkan oleh Usaha Keripik Eka Sari Rantauprapat mengunakan strategi pemasaran 4P antara lain Strategi Promotion (Promosi), Strategi Place (Tempat), Strategi Product (Produk), serta Strategi Price (Harga).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, F. F., Amin, M., Hasibuan, M. I., Harahap, J. M., & Budiman, S. (2021). “Pemanfaatan Media Social Dalam Pemasaran Produk UMKM: Studi kasus Pelaku UMKM Di Desa Sidodadi”. Kapital: Jurnal Ilmu Manajemen, 3(2), 49-55.
Bakhri, S., Aziz, A., & Khulsum, U. (2019). “Analisis SWOT Untuk Strategi Pengembangan Home Industry Kue Gapit Sampurna Jaya Kabupaten Cirebon”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). 64-80
Chaerani, S. N., Jopang & Nurjannah (2020). “Strategi Pengembangan Usaha Industri Keripik (Studi UD. Lemo Sukses Sejati Kecamatan Kulisusu Buton Utara)”. Jurnal admistrasi bisnis 5 (1). 199-212
Epriliyana, N. N. (2019). “Urgensi ijin keamanan pangan (P-IRT) dalam upaya membangun kepercayaan konsumen dan meningkatkan jaringan pemasaran”. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(1), 21-31.
Pasaribu, E. Z., Rahmi, S. Y., Ritonga, M. W., Watrianthos, R., Ritonga, W. A., Rangkuti, R. K., & Harahap, N. (2020). Belajar Statistika: Siapa Takut dengan SPSS. Yayasan Kita Menulis.
Prasnowo, M. A., Khomaruddin, A., & Hidayat, K. (2017). “Strategi pengembangan sentra industri kecil menengah produksi krupuk”. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(1), 17-24.
Rangkuti, Freddy. (2015). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Rintyarna, B. S., & Qodariyah, N. (2020). “Inovasi Produk Pare Menjadi Aneka Olahan Pare”. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 6(1), 67-72.
Ritonga, S., Nainggolan, Z., & Ritonga, W. A. (2020). Pengaruh Teknologi Terhadap Komunikasi Kehidupan Siswa Kelas X TKJ SMK Swasta Siti Banun Rantau Selatan. Pena Cendikia, 3(1)
Riva. (2021). Sejumlah UMKM dan Koperasi di Sumut Terdampak Covid-19. Tersedia di https://www.sumutprov.go.id
Rukka, R. M., Busthanul, N., & Fatonny, N. (2018). “Strategi Pengembangan Bisnis Keripik Bayam”. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(1), 41-54.
Ritonga, Wahyu Azhar, R., Rengganis, A., Wanto, A., & Isa Indrawan, M. (2021). Implementation of PROMETHEE-GAIA Method for Lecturer Performance Evaluation. Journal of Physics: Conference Series, 1933(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1933/1/012067
Published
2023-05-01