Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Muamalat Rantauprapat
Abstract
Pelayanan yang baik memberikan suatu dorongan kepada nasabah, untuk menjalin ikatan yang kuat dengan perusahaan. Ikatan seperti ini dalam jangka panjang memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan saksama harapan nasabah serta kebutuhan mereka dengan demikian perusahaan tersebut dapat meningkatkan kepuasan nasabah dimana perusahaan memaksimumkan pengalaman nasabah yang menyenangkan dan meminimumkan pengalaman nasabah yang kurang menyenangkan. Semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan jasa perbankan, maka pelayanan menjadi sangat penting untuk memenangkan persaiangan. Judul penelitian ini adalah Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Muamalat Rantauprapat, adapun tujuan dari penelitiaan ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan (tangibles, reliability, resposiveness, assurance dan empatty) terhadap kepuasan nasabah PT. Bank Muamalat Rantauprapat. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi,wawancara, kuesioner, dan dokumentasi dengan menggunakan skala likert danmetode penentuan sampel yang digunakan adalah aksidental sampling sebanyak 52sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear sederhana. Dan setelah data dianalisis menggunakan program SPSS, didapat hasilbahwa semua variabel bebas baik secara parsial atau bersama-sama mempunyai pengaruhyang signifikan terhadap kepuasan nasabah.





