Pengaruh Kerja Part-time Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Universitas Al-Washliyah (Univa) Labuhanbatu
Abstract
Prestasi akademik dinyatakan sebagai pengetahuan yang dicapai atau keterampilan yang dikembangkan dalam mata pelajaran tertentu, biasanya untuk menetapkan prestasi akademik seseorang dibutuhkan sebuah tes. Tugas utama dari seorang mahasiswa adalah belajar dan mengembangkan pola pikir untuk mencapai tujuan belajar. Di bandingkan dengan pendidikan lainnya tingkat perguruan tinggi sangatlah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebagian besar mahasiswa yang perduli dengan besarnya biaya pendidikan tingkat perguruan tinggi dan biaya kebutuhan hidup memilih bekerja part-time sambil kuliah dengan menyesuaikan jadwal perkuliahannya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pengaruh kerja part-time terhadap prestasi akademik mahasiswa Universitas Al Washliyah Labuhanbatu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen yang aktif dengan jumlah 284 dan sampel sebanyak 101. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan : terdapat pengaruh antara variabel kerja part-time terhadap prestasi akademik mahasiswa Universitas Al Washliyah (UNIVA) Labuhanbatu. Dapat dilihat dari besarnya nilai t hitung pada pengujian hipotesis yaitu nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel atau 2,908 > 1,660 dan nilai sig. lebih kecil daripada nilai α atau 0,004 < 0,05. Nilai pengaruh variabel x terhadap variabel y bernilai positif dilihat dari besarnya nilai r square yaitu 0,079.
Downloads
References
Lailatul, Nur. (2017). “Pengaruh Kerja Part-time Terhadap Prestasi Akademik dan Non Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya”, Skripsi. Tersedia di: digilip.uinsby.ac.id (23 Juli 2019).
Misbahuddin. & Hasan, Iqbal. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mardelina, Elma. (2017). “Pengaruh Kerja Part-time Terhadap Aktivitas Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta”, Skripsi. Tersedia di: https://eprints.uny.ac.id (26 Maret 2019).
Nur, Tarmizi. (2016). “Dampak Kuliah Sambil Bekerja Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam PMI-KESOS UIN Ar-Raniry Banda Aceh”, Skripsi. Tersedia di: https://repository.ar-raniry.ac.id (25 Agustus 2019).
Pratiwi, Komari, Noor. (2015). “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang”, Jurnal Pujangga. Tersedia di: journal.unas.ac.id (23 Juli 2019).
Putra, Tatanka, Baur, Aditya. (2016). ”Dampak Kerja Paruh Waktu Terhadap Manajemen Waktu Kuliah Pada Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri”, Jurnal. Tersedia di: simki.unpkediri.ac.id (25 Agustus 2019).
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.
Sutrisno, Edy. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, Cv.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi, Bandung: Alfabeta, Cv.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, Cv.
Suardi, Moh.,et al. (2017). Dasar-Dasar Pendidikan, Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.
Suwarso. (2018). “Dampak Kuliah Sambil Bekerja Terhadap Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Kabupaten Jember Tahun 2017”, Jurnal Relasi. Tersedia di: jurnal.stie-mandala.ac.id (25 Agustus 2019).





