Pengaruh Produk Tabungan Berhadiah Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Muamalat KCP. Rantauprapat
Abstract
Usaha untuk mengembangkan strategi pemasaran berarti membuat sistematis dengan harapan akan tercapainya suatu maksud atau tujuan, strategi pemasaran yang kompetitif merupakan keberhasilan suatu bank. Keputusan seseorang dalam memilih bank sebagai tempat menabung sangat tergantung pada atribut-atribut yang melekat pada bank itu, seperti pelayanan karyawan, dan hadiah yang diberikan. Produk dan fasilitas yang dikeluarkan oleh bank merupaka suatu strategi untuk menarik perhatian nasabah agar berinvestasi dan menempatkan dana mereka pada bank tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dan menyebar kuesioner langsung kepada nasabah dan dengan mengolah data yang didapat dari perusahaan. Untuk mencari t tabel maka df=n-k, 22-2= 20 dengan menggunakan taraf signifikansi 5% maka diperoleh t tabel nya adalah 2,08596. Penelitian menunjukkan bahwa t hitungnya 5,877 kemudian dibandingkan dengan nilai t tabel yang diperoleh yaitu 2,08596. Sehingga diperoleh 5,877 > 2,08596, maka dapat memenuhi syarat > H0 ditolak atau H1 diterima. Diketahui nilai koefisien determinansi atau R square adalah sebesar 0,633. Nilai R Square berasal dari pengkuadratan nilai koefisien korelas i atau “R” yaitu 0,796 x 0,796 = 0,633. Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,633 atau sama dengan 63,3%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y sebesar 63,3%. Sedangkan sisanya (100% - 63,3% =36,7%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti.
Downloads
References
__________.(2010) Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta
Atmosudirjo,S. Prajudi (2010)” pengambilan keputusan” untag university press. Jakarta
Dedy,T & Ngadino,S (2013) “pengaruh kualitas produk tabungan dan kualitas layanan terhadap minat menabung kembali di Cimb Niaga”. jurnal MIX, VOL.6 NO 3
Ghozali (2010) “analisis keputusan nasabah menabung”jurnal Of Applied Economics vol.4 No 1
Gitosudarmo Indriyo.(2016).”dasar-dasar manajemen pemasaran, (konsep, strategi dan kasus)” cetakan ketiga. Center Of Academic Publishing Service. Yogyakarta
Kashmir (2016), Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: Rajawali Pers.
Kotler, P & Keller, K. L. (2016), Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1 Erlangga, Jakarta,
Lembaga Penjamin Mutu (LPM). (2019). Panduan Tata Tulis Skripsi Univa Labuhanbatu Tahun 2019. UNIVA Labuhanbatu.
Moorhead & Griffin, (2010) “pembuat keputusan” Jakarta: Gramedia
Putri, (2018) Jenis-jenis tabungan di Bank Muamalat. Tersedia di https Dewi://www.moneysmart.id/4-produk-tabungan-bank-muamalat-buat-nabung-tanpa-riba/
Sugiyono. (2013). Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
__________. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Penerbit: Alfabeta Bandung
Tjiptono.(2015) “Strategi pemasaran” edisi ke 4, Andi Offset, Yogyakarta
UU RI. (1992). Definisi bank, Perbankan
UU Perbankan. (1998). Penyempurnaan UU RI No 10 tahun 1992





