Analisis Tindak Tutur Customer Service Bank Bri Kepada Nasabah Ditinjau Dari Perspektif Pragmatik
Abstract
Kegiatan berkomunikasi adalah kegiatan bagi manusia untuk mengekpresikan diri,menyampaikan informasi,gagasan dan perasaan melalui simbol dan lambang kata .Kegiatan dalam berkomunikasi tidak terlepas peran bahasa sebagai alat komunikasi.Bahasa merupakan satu-satunya alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain yang dikeluarkan melalui alat ucap yang berbentuk suatu ujaran atau tindak tutur.Setiap ujaran yang dituturkan oleh penutur memiliki makna dan maksud tertentu sesuai dengan tujuan masing-masing.Penggunaan bahasa dalam berkomunikasi tetap harus memperhatikan lawan bicara,situasi, atau keadaan agar topik pembicaraan dapat mencapai tujuan.Oleh karena itu bahasa yang dipilih harus selaras ataudfbhanya dimiliki oleh manusia ,bahasa dapat dibedakan secara internal dan eksternal.Secara internal artinya pengkajian terhadap bahasa hanya dilakukan pada struktur intern bahasa itu saja.,seperti struktur fonologis,morfologi atau struktur sintaksisnya.Kajian secara internal akan menghasilkan penjelasan-penjelasan bahasa tersebut tanpa adanya kaitan dengan masalah lain di luar bahasa.Sebaliknya kajian eksternal adalah kajian kajian yang dilakukan terhadap hal-halatau faktot-faktor yang berada di luar bahasa yang berkaitan dengan pemakaian bahasa itu oleh penuturnya di dalam kelompok-kelompok sosial kemasyarakatan.Pengkajian secara ekternal akan menghasilkan rumusan-rumusan atau kaidah-kaidah yang berkenaan dengan penggunaan bahasa tersebut di dalam masyarakat.Metode penelitian yang dilakukan berjenis kualitatif yang memfokuskan pada analisis pada kualitas data.Analisis data yang dilakukan analisis pada penelitian lapangan yang meliputi : 1) menggunakan lapangan ( bank BRI) sebagai sumber data langsung. 2) bersifat deskriptik analitik 3) penelitian lebih mengutamakan proses bukan pada hasil 4) bersifat induktif dan mengutamakan makna.
Downloads
References
2.Alisjahbana,S.T. (1976). Tata Bahasa Bahasa Indonesia. Jakarta: Dewan Rakyat
3.Arikunto,S. (2006 ). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Asdi
Mahasatya
4.Kotler,P dan Kevin,L,K .(2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
5.Mufid,M. (2007). Komunikasi dan regulasi Penyiaran. Jakarta : Kencana
6.Mulyana,D. (2011). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
7.Nababan,P.W.J. (1986). Ilmu Pragmatik: Teori dan Penerapannya. Jakarta : Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan
8.Rahardi,Kunjana.(2009). Sosiopragmatik .Jakarata: Gramedia.
9.Sugiyono.(2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta





