Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Dan Kesesuian Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Brastagi Supermarket Rantauprapat

  • Sri Ayla Siregar Program Studi Ilmu Manajemen - Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Muhammad Irwansyah Hasibuan Program Studi Ilmu Manajemen - Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Khairul Anwar Program Studi Ilmu Manajemen - Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
Keywords: persepsi kualitas pelayanan, kesusaian harga, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Persepsi kualitas pelayanan adalah persepsi konsumen secara keseluruhan baik keunggulan ataupun kelemahan dari organisasi dan pelayanannya, kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungannya yang memenuhi atau melebihi harapan. Kualitas merupakan strategi dasar bisnis yang menghasilkan barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen internal dan eksternal, secara eksplisit dan implicit. Sedangkan defenisi kualitas. harga adalah jumlah uang yang ditagihkan untuk suatu produk atau jasa, jumlah nilai yang dipertukarkan konsumen untuk manfaat memiliki atau menggunakan produk atau jasa. Jadi secara keseluruhan, harga adalah nilai atau sejumlah uang yang dipertukarkan oleh konsumen untuk suatu produk atau jasa yang memiliki manfaat tertentu. Loyalitas pelanggan adalah kesetiaan sebagai komitmen yang dipegang kuat untuk membeli atau berlangganan lagi produk atau jasa tertentu di masa depan meskipun ada pengaruh situasi dan usaha pemasaran yang berpotensi menyebabkab perubahan perilaku Dari hasil penelitian dilihat bahwa nilai thitung untuk variabel Persepsi Kualitas pelayanan  sebesar 5.987 dan Kesesuaian Harga sebesar 5.576 dengan nilai signifikan untuk masing-masing variabel independen (2.499); (0,018). Sedangkan untuk nilai ttabel pada tabel statistik distribusi t dengan level of test α = 5% dan df1 = 35 sebesar 1,681. Berdasarkan kriteria bahwa jika nilai thitung> ttabel); yakni (5.987> 1,689 (5.586> 1,689) sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel Persepsi Kualitas pelayanan  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dan Kesesuaian Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan       

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma. 2012. Pengaruh KualitasbPelayanan Dalam Tingkat Kepuasan Konsumen Produk Jasa”, Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 15, No. 2.

Aviliani dan Wilfridus. 2007. Pengaruh Lokasi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Hotel Grasia Semarang”, Thesis Tidak Dipublikasikan, Universitas Diponegoro, Semarang

Bahtiar. 2009. Strategi dan Program Pemasaran. Yogjakarta: Penerbit Andi.

Barnes. 2008. Secrets of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan). Yogyakarta: Andi

Ferdinand. 2007. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2008. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hasan. 2008. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Gholia Indonesia.

Julita. 2010. Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Elek Media Komputindo

Kotler, Phillip & Gary Armstrong, 2013. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT. Indeks. Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. 20011. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga. Lupiyoadi, Rambat. 2011. Edisi Pertama. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.92

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabetha.

Tjiptono, Fandy . 2001. Prinsip-prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta
Published
2020-03-02