Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli (Studi Pada Smartphone Merk Oppo)

  • Muhammad Munawir Pohan Program Studi Manajemen - Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Jeni Sukmal Program Studi Manajemen - Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
Keywords: Daya Tarik, Iklan, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh daya tarik iklan terhadap minat beli pada Smartphone merk Oppo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa/i MAS PTP-VI Berangir Kabupaten Labuhanbatu Utara yang mengetahui Smartphone Oppo. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 252 siswa/i. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan daya tarik iklan terhadap minat beli pada smartphone merk Oppo, hal ini dibuktikan nilai t hitung>t tabel (7,156>1,971), signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,217.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bachriansyah. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Ponsel Nokia (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Semarang). Skripsi tidak diterbitkan Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Engel, James. F , Roger D. Blackwell, A. P. W. M. (1995). Consumer Behavior (8th ed.). Orlando: The Dryden Press.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran Edisi Millennium (2 (ed.)). Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran (11th ed.). Jakarta: Prenhallindo.
Sugiyono. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta.
Sugiyono, D. (2008). Metode penelitian bisnis. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulaksana, U. (2003). Integrated Marketing Communication : Teks dan Kasus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Swastha, B. (1999). Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2020-06-01