Strategi Marketing Public Relation Dalam Menarik Minat Pelanggan Di Bengkel Resmi Yamaha Diny Service Cabang Desa Kampung Pajak Kabupaten Labuhanbatu Utara

  • Rizky Abadi Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Jeni Sukmal Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Muhammad Irwansyah Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Basyarul Ulya Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Iskandar Sipanyung Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
Keywords: Strategi Marketing, Marketing Public Relations, dan Minat Pelanggan

Abstract

                Semakin banyak pesaing bisnis maka akan semakin banyak suatu perusahaan terus menarapkan strategi marketing untuk memperkenalkan produk guna menarik minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi marketing public relations dalam menarik minat pelanggan pada Bengkel Resmi Yamaha Diny Service Cabang Kampung Pajak Kabupaten Labuhanbatu.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen Bengkel Resmi Yamaha Diny Service Cabang Kampung Pajak. Dalam menentukan sampel, penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yaitu tipe purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin, maka diketahui jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 70 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebar kuesioner (angket) kepada konsumen Bengkel Resmi Yamaha Diny Service Cabang Kampung Pajak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif, uji instrumen, uji prasyarat analisis data dan pengujian hipotesis dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa marketing public relations berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pelanggan pada Bengkel Resmi Yamaha Diny Service Cabang Kampung Pajak Kabupaten Labuhanbatu dengan dibuktikan perolehan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 10.065 > 1.98 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa semakin baik strategi marketing public relations yang diterapkan oleh perusahaan akan semakin meningkatkan minat konsumen atau pelanggan. Dikrenakan marketing public relations merupakan mengkomunikasikan informasi yang kredibel, pemberian sponsor event yang sesuai serta mendukung kegiatan sosial yang menguntungkan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Noviani, G.,&Prisanto, G. F.x (2021).xPengaruh StrategixMarketingxPublicxRelationsxterhadapx Loyalitasx Pelanggan. Prosiding Hubungan Masyarakat, 7(1), 456-464.
Papasolomou, I., & Melanthiou, Y. (2012). Socialx media: Marketing public relations new best friend.x Journal of promotionx management, 18(3), 319-328.
Sadida, A. H., & Salma, A. N. (2022). Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Minat Belix Konsumen (Studi Pada Media Sosial Somethinc). eProceedings ofx Management, 9(4).
Wati, T. M., &xWirman,xW. (2016). Strategi Marketing Public Relations dalam Menarik Minatx Pelanggan di Hotel Grand Elite Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswax(JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmux Politik, 3(2),x1-9.
Published
2023-09-06