Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 1 Aeksongsongan
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar biologi siswa SMAN 1 Aeksongsongan. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan desain penelitian pretest and postest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA dan terdapat dua kelas paralel yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI MIPA 3 dibelajarkan dengan Project Based Learning, dan kelas XI MIPA 2 dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen tes digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Uji persyaratan menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan homogen. Hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan variansi homogen. Hasil belajar siswa aspek kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 80,57 dan kelas kontrol 75,26. (α = 0,05) diperoleh t hitung = 2,59 dan t tabel 1,67 berarti t hitung >t tabel , maka hipotesis H 1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Project Based Learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi siswa XI MIPA SMAN 1 Aeksongsongan. Model project based learning memungkinkan siswa untuk melakukan aktivitas belajar sainstifik, aktivitas tersebut membantu proses konstruksi pengetahuan bagi siswa.





