PERSEPSI MAHASISWA BIOLOGI TERHADAP KULIAH LAPANGAN (FIELD TRIP) ENTOMOLOGI
Abstract
Kuliah lapangan (field trip) merupakan cara mengajar dengan mengajak mahasiswa ke alam atau objek tertentu di luar ruangan belajar untuk menyelidiki sesuatu hal yang berkaitan dengan materi perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kuliah lapangan (field trip) entomologi. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi semester 6 UNIVA Labuhanbatu. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap kuliah lapangan (field trip) berdasarkan perencanaan yang dilakukan sebesar 21 % mahasiswa perlu membaca materi kuliah lapangan sebelum kegiatan dilakukan. Sebesar 24 % mahasiswa perlu bekerja dalam kegiatan kuliah lapangan. Sebesar 28 % mahasiswa menyatakan bahwa kinerja dosen perlu ada perbaikan dalam mengevaluasi mahasiswa. Kesimpulannya bahwa perlu adanya kerjasama antara mahasiswa dan dosen dalam kegiatan kuliah lapangan (field trip) agar berjalan dengan lancar
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
________________. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Behrendt, Marc & Teresa Franklin. 2014. A Review of Research on School Field Trips and Their Value in Education. International Journal of Environmental & Science Education.
Direktorat tenaga kependidikan; Ditjen PMPTK. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta
Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi Teori, Praktik dan Penelitian. Padang: UNP
Meilin, Araz dan Nasamsir. 2016. Serangga dan Peranannya Dalam Bidang Pertanian dan Kehidupan. Jurnal Media Pertanian.
Munthe, Ashiong P. 2015. Pentingnya Evaluasi Program di Industri Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Jurnal. Tanggerang: Universitas Pelita Harapan
Patrick, Ajaja O. 2010. Effects of Field Studies on Learning Outcome in Biology. J Hum Ecol.
Purwanto, M.N. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ramalingam, M., M ., Gowrishankar, K,. Elanchezian, C. 2014. Assessment of learning domains to improve student’s learning in higher education. Journal of Young Pharmacists.
Rupani, C, M,. Muhamamad, I, B,. 2011. Evaluation Of Existing Teaching Learning Process On Bloom’s Taxonomy. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences.
Rusniarsyah, Lufthi. 2013. Entomologi. http://achamad.staff.ipb.ac.id/wp-content/plugins/as-pdf/kie2nd-Entomologi.pdf
Siswati. 2010. Minat Membaca Pada Mahasiswa (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP Semester 1). Jurnal Psikologi Undip Vol. 8, No 2. Semarang: UNDIP
Solikhatuna, Imah,. Slamet, S., Maridic. 2015. Pengaruh Penerapan Reality Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Biologi.
Yusuf, M. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press