PERSEPSI MAHASISWA BIOLOGI TERHADAP KULIAH LAPANGAN (FIELD TRIP) ENTOMOLOGI

  • Rahmi Syafriyeti Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • WITMA NOVITA ATNUR Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • FITRI ENDANG SRIMULAT Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
Keywords: persepsi mahasiswa, kuliah lapangan (field trip)

Abstract

Kuliah lapangan (field trip) merupakan cara mengajar dengan mengajak mahasiswa ke alam atau objek tertentu di luar ruangan belajar untuk menyelidiki sesuatu hal yang berkaitan dengan materi perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kuliah lapangan (field trip) entomologi. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi semester 6 UNIVA Labuhanbatu. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap kuliah lapangan (field trip) berdasarkan perencanaan yang dilakukan sebesar 21 % mahasiswa perlu membaca materi kuliah lapangan sebelum kegiatan dilakukan. Sebesar 24 % mahasiswa perlu bekerja dalam kegiatan kuliah lapangan. Sebesar 28 % mahasiswa menyatakan bahwa kinerja dosen perlu ada perbaikan dalam mengevaluasi mahasiswa. Kesimpulannya bahwa perlu adanya kerjasama antara mahasiswa dan dosen dalam kegiatan kuliah lapangan (field trip) agar berjalan dengan lancar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Penggunaan Model Reciprocal Teaching Dengan Melakukan Fieldtrip Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

________________. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Behrendt, Marc & Teresa Franklin. 2014. A Review of Research on School Field Trips and Their Value in Education. International Journal of Environmental & Science Education.

Direktorat tenaga kependidikan; Ditjen PMPTK. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta

Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi Teori, Praktik dan Penelitian. Padang: UNP

Meilin, Araz dan Nasamsir. 2016. Serangga dan Peranannya Dalam Bidang Pertanian dan Kehidupan. Jurnal Media Pertanian.

Munthe, Ashiong P. 2015. Pentingnya Evaluasi Program di Industri Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Jurnal. Tanggerang: Universitas Pelita Harapan

Patrick, Ajaja O. 2010. Effects of Field Studies on Learning Outcome in Biology. J Hum Ecol.

Purwanto, M.N. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramalingam, M., M ., Gowrishankar, K,. Elanchezian, C. 2014. Assessment of learning domains to improve student’s learning in higher education. Journal of Young Pharmacists.

Rupani, C, M,. Muhamamad, I, B,. 2011. Evaluation Of Existing Teaching Learning Process On Bloom’s Taxonomy. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences.

Rusniarsyah, Lufthi. 2013. Entomologi. http://achamad.staff.ipb.ac.id/wp-content/plugins/as-pdf/kie2nd-Entomologi.pdf

Siswati. 2010. Minat Membaca Pada Mahasiswa (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP Semester 1). Jurnal Psikologi Undip Vol. 8, No 2. Semarang: UNDIP

Solikhatuna, Imah,. Slamet, S., Maridic. 2015. Pengaruh Penerapan Reality Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Biologi.

Yusuf, M. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press
Published
2020-03-05