https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/al-khawarizmi/issue/feedAl-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika2024-02-22T15:33:02+00:00Wita Ferwati, S.Pd., M.Pdwitaferwati@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika </strong>is a scientific journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Washliyah (UNIVA) Labuhanbatu. This journal has the results of scientific studies and created to give research in the field of <strong><span class="st">Mathematics and Mathematics Education</span></strong>. Al-Khawarizmi not only helps local researchers but also international researchers to publish their work both in Indonesian and English. Al-Khawarizmi published twice a year and downloaded for <strong>free</strong></p>https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/al-khawarizmi/article/view/717Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik 2024-02-22T15:15:17+00:00Mai Nurhaidahsiregarmai8@gmail.comEndi Zunaedy Pasaribuendipasaribu2@gmail.comSangkot Idris Ritongasangkotidrisritonga1@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dan menghasilkan modul yang efektif berbasis pendekatan RME pada materi penyajian data. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Sasaran uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al Washliyah Padang Matinggi T.A 2023 yang berjumlah 22 siswa. Instrumen pengumupulan data terdiri dari lembar validasi modul dikatakan tuntas dengan presentase 87,94 % kriteria “ Sangat Valid”, RPP menunjukkan presentase yaitu 86,25 % kriteria “ Sangat Valid” <em> pretest </em>menunjukkan rata-rata presentase yaitu 88,75 kriteria “ Sangat Valid”, <em>posttest </em>menunjukkan rata-rata presentase yaitu 88,75 % kriteria “ Sangat Valid”. Tingkat keefektifan dapat diperoleh melelaui nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah ( <em>pretes</em> dan <em>posttest</em>) yaitu diperoleh rata-rata 78% dengan kategori “baik” dengan 22 peserta didik dengan nilai tuntas . Dan hasil penilaian dari tes hasil belajar peserta didik dapat dikategorikan bahwa kemmapuan pemecahan masalah matematis peserta didik mengelami peningkatan kategori “sedang” dengan rata-rata 0.567</p>2023-11-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Novemberhttps://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/al-khawarizmi/article/view/725Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Etnomatematika dengan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa2024-02-22T15:33:02+00:00Winda Maharani Siregarmaharanisiregar33@gmail.comRaden Sri Ayu Ramadhanaradensriayuramadhana@gmail.comMesra Wati Ritongamesrawr@gmail.com<p><strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika dengan model pembelajaran <em>project based learning</em> dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan pemodelan 4D dengan empat tahap yaitu identifikasi, desain, pengembangan, dan diseminasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Rantau Selatan. Dengan teknik pengumpulan data melalui tes, dokumentasi dan angket serta teknik analisis data melalui uji validitas, uji efektivitas dan uji praktis. Hasil dari penelitian ini diperoleh lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika yang valid dengan rata-rata penilaian 3,80 dari validator, pandangan efektif analisis kinerja siswa dengan rata-rata penilaian 78%, pandangan langsung terhadap pertanyaan jawaban siswa dengan skor rata-rata, meningkat sebesar 86% dan kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat sebesar 78%.</strong></p>2023-11-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika November