Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Etnomatematika dengan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika dengan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan pemodelan 4D dengan empat tahap yaitu identifikasi, desain, pengembangan, dan diseminasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Rantau Selatan. Dengan teknik pengumpulan data melalui tes, dokumentasi dan angket serta teknik analisis data melalui uji validitas, uji efektivitas dan uji praktis. Hasil dari penelitian ini diperoleh lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika yang valid dengan rata-rata penilaian 3,80 dari validator, pandangan efektif analisis kinerja siswa dengan rata-rata penilaian 78%, pandangan langsung terhadap pertanyaan jawaban siswa dengan skor rata-rata, meningkat sebesar 86% dan kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat sebesar 78%.
Downloads
References
Aryani, K., Idris, M. and Laming, R. F. (2020) ‘Analisis Efektivitas Perputaran Piutang Dalam Meningkatkan Laba Pada Koperasi Simpan Pinjam Berkat Makassar’, Economic Bosowa Journal, 6(005), pp. 13–24. Available at: http://economicsbosowa.unibos.id/eb/article/view/403.
Dairi, P. (2020) ‘Etnomatematika : Eksplorasi Alat Musik Tradisional Khas Batak Natalia Sitanggang Pendidikan Matematika , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Muhammadiyah Sukabumi’, 4(1), pp. 57–62.
Fauzi, A., Siregar, H. and Meilya, I. R. (2019) ‘Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran Mandiri pada Pendidikan Kesetaraan Paket C’, 3(1), pp. 52–58. doi: 10.15294/pls.v3i1.30871.
Hermawan, D. and Prabawanto, S. (2016) ‘Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar’, EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1). doi: 10.17509/eh.v7i1.2791.
Matematika, P. et al. (2021) ‘MATHEdunesa Pengembangan Perangkat Pembelajaran pjbl Berbantuan Minitab untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika pada siswa SMP Lailatul Hikmiyah’, 10(3).
Maydiantoro, A. (2019) ‘Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development)’, Jurnal Metode Penelitian, (10), pp. 1–8.
Mesra wati Ritonga, Siska Yulia Rahmi, W. M. S. (2021) ‘Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa’, Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), pp. 35–41. doi: 10.38114/riemann.v3i1.108.
Pawestri, E. and Zulfiati, H. M. (2020) ‘Mengakomodasi Keberagaman siswa pada pembelajaran’.
Raden Sri Ayu Ramadhana, Muhammad fauzi Romadhon Marpaung, Defri Rahmat, S. H. H. (2022) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa’, Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(1), p. 125. doi: 10.33394/bioscientist.v10i1.5107.
Sanaky, M. M. (2021) ‘Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah’, Jurnal Simetrik, 11(1), p. 432. doi: 10.31959/js.v11i1.615.
Studi, P. et al. (2020) Thema : ETHNOMATHEMATICS : matematika dalam perspektif budaya.
Ummul khaira, darmansyah, yanti fitria (2022) ‘uji pprakapitalis penggembangan lKPD dengan menggunakan projet based learning pada materi pengumpulan dan penyajian data’, 08.
Wiyono, E., P.M Labulan and Muhammad Siddik (2020) ‘Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( Lks ) Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V ( Lima ) Sd Muhammadiyah Sangatta Utara’, Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), pp. 91–98. doi: 10.24903/pm.v5i2.645.