Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik

  • Mai Nurhaidah Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Endi Zunaedy Pasaribu Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Sangkot Idris Ritonga Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
Keywords: Penelitian RME, Kemampuan Pemecahan Masalah, ADDIE, Validitas, Keefektifan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dan menghasilkan modul yang efektif berbasis pendekatan RME pada materi penyajian data. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Sasaran uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al Washliyah Padang Matinggi T.A 2023 yang berjumlah 22 siswa. Instrumen pengumupulan data terdiri dari lembar validasi modul dikatakan tuntas dengan presentase 87,94 % kriteria “ Sangat Valid”, RPP menunjukkan presentase yaitu 86,25 % kriteria “ Sangat Valid”  pretest menunjukkan rata-rata presentase yaitu 88,75 kriteria “ Sangat Valid”, posttest menunjukkan rata-rata presentase yaitu 88,75 % kriteria “ Sangat Valid”. Tingkat keefektifan dapat diperoleh melelaui nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah ( pretes dan posttest) yaitu diperoleh rata-rata 78% dengan kategori “baik” dengan 22 peserta didik dengan nilai tuntas . Dan hasil penilaian dari tes hasil belajar peserta didik dapat dikategorikan bahwa kemmapuan pemecahan masalah matematis peserta didik mengelami peningkatan kategori “sedang” dengan rata-rata 0.567

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauzan, M. (2021). Pengembangan Modul Inovatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VII, 643–654.
Harta, I., Tenggara, S., & Kartasura, P. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Minat SMP, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077
Harta, I., Yani Tromol Pos, J. A., & Kartasura, P. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma Negeri 1, 6 Maju 110 (2019).
Natalia, S. (2019). Realistic Mathematics Education: Suatu Langkah Mendidik Berpikir Matematis. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(1).
Pasaribu, E. Z., & Ritonga, M. W. (2019). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di MTs. Al-Washliyah Simpang Marbau. Pena …, 01(02).
Rahma, A. S., Syahputra, E., & Mulyono, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 980–995. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1328
Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1335
Wahyuni, A. (2020). J urnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76.
Widodo, S., & Kartikasari. (2017). Sekolah Dasar Dengan Model Creative Problem Solving ( Cps ). Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana P, VI(1), 57–65.
Published
2023-11-01