Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Negeri 2 Rantau Selatan

  • Endi Zunaedy Pasaribu Program Studi Pendidikan Matematika - Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu
  • Nanni Munthe Program Studi Pendidikan Matematika - Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu
  • Mesra Wati Ritonga Program Studi Pendidikan Matematika - Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu

Abstract

Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan model pembelajaran creative problem solving. Meteode yang digunakan ialah quasi exsperimen. Jumlah populasi yang  ditentukan dalam penelitian ini ialah berjumlah 144 siswa, dengan menggunakan teknik simple random sampling dan  sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 siswa di SMA negeri 2 rantau selatan kelas XI Ipa-3 dan XI Ipa-4 semester genap 2019/2020. Intrumen yang digunakan ialah test kemampuan berpikir kreatif yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan Uji independent sampel test menghasilkan = 5.508 dan  = 2.008 pada taraf signifikan 5 % sehingga diperoleh = 5.508  >     = 2.008 yang mengakibatkan H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh ialah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran creative problem solving (CPS) di SMA negeri 2 rantau selatan pada materi barisan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifah, N., & Asikin, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dalam Setting Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Pendekatan Open-Ended ( Sebuah Kajian Teoritik ). Program Studi Pendidikan Matematika, 441–446.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (N. F. Atif (ed.)). PT Refika Aditama.
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2019). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati (ed.)). PT Bumi Aksara.
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166
Pasaribu, E. (2017). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Maju, 4(2), 70–81.
Pasaribu, E. Z., Matematika, P., Al, U., & Labuhanbatu, W. (2020). Pengaruh Penguasaan Operasi Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pokok Barisan dan Deret. 01(01), 87–92.
Sari, A. D., & Noer, S. H. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Model Creative Problem Solving (Cps) Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding, 245–252.
Published
2021-04-14